
<Berkata Al imam Al Ajurry Rahimahullah :
" Saya telah menyebutkan bab ini dalam Kitab Al Fitan pada hadits - hadits yang banyak dan saya telah menyebutkan sebagiannya di sini agar *seorang mukmin yang cerdas berhati - hati* terhadap agamanya, karena *fitnah itu bentuknya banyak,* telah berlalu di antaranya fitnah - fitnah yang besar.
Selamat dari fitnah tersebut sebagian manusia dan sebagian yang lain binasa, disebabkan mengikuti hawa nafsu dan lebih memilih dunia.
Barangsiapa yang Allah Ta'ala menginginkan kebaikan padanya,
maka Allah akan bukakan baginya pintu do'a,
bersandar kepadaNya,
khawatir terhadap agamanya,
menjaga lisannya,
mengetahui waktunya ( berbicara ),
menetapi hujjah yang jelas,
( menetapi ) jama'ah kaum muslimin dan penguasanya.
Dan tidak berganti - ganti warna dalam agamanya,
meyibukkan diri dengan beribadah kepada Rabbnya,
dan meninggalkan pembicaraan - pembicaraan yang batil ketika terjadi fitnah karena ketika terjadi fitnah banyak manusia yang tersingkap aib - aib dan kejelekan - kejelekannya .
Sumber:
Assyari'ah 1/392-393
Diterjemahkan oleh:
Al ustadz Abu Suhail 'Abbaas Al Jogjawy حفظه الله
Website:
Salafycurup.com
Telegram.me/salafycurup.com
قال الآجري في الشريعة ١ / ٣٩٢ - ٣٩٣ :
ﻗﺪ ﺫﻛﺮﺕ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﺎﺏ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻔﺘﻦ ﻓﻲ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ ﻛﺜﻴﺮﺓ, ﻭﻗﺪ ﺫﻛﺮﺕ ﻫﺎﻫﻨﺎ ﻃﺮﻓﺎ ﻣﻨﻬﺎ *ﻟﻴﻜﻮﻥ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﺍﻟﻌﺎﻗﻞ ﻳﺤﺘﺎﻁ ﻟﺪﻳﻨﻪ, ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻔﺘﻦ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻮﻩ ﻛﺜﻴﺮﺓ, ﻭﻗﺪ ﻣﻀﻰ ﻣﻨﻬﺎ ﻓﺘﻦ ﻋﻈﻴﻤﺔ, ﻧﺠﺎ ﻣﻨﻬﺎ ﺃﻗﻮﺍﻡ, ﻭﻫﻠﻚ ﻓﻴﻬﺎ ﺃﻗﻮﺍﻡ ﺑﺎﺗﺒﺎﻋﻬﻢ ﺍﻟﻬﻮﻯ, ﻭﺇﻳﺜﺎﺭﻫﻢ ﻟﻠﺪﻧﻴﺎ*, ﻓﻤﻦ ﺃﺭﺍﺩ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻪ ﺧﻴﺮﺍ ﻓﺘﺢ ﻟﻪ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ, ﻭﺍﻟﺘﺠﺄ ﺇﻟﻰ ﻣﻮﻟﺎﻩ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ, ﻭﺧﺎﻑ ﻋﻠﻰ ﺩﻳﻨﻪ, ﻭﺣﻔﻆ ﻟﺴﺎﻧﻪ, ﻭﻋﺮﻑ ﺯﻣﺎﻧﻪ, ﻭﻟﺰﻡ ﺍﻟﻤﺤﺠﺔ ﺍﻟﻮﺍﺿﺤﺔ وﺍﻟﺴﻮﺍﺩ ﺍﻟﺄﻋﻈﻢ, *ﻭﻟﻢ ﻳﺘﻠﻮﻥ ﻓﻲ ﺩﻳﻨﻪ*, ﻭﻋﺒﺪ ﺭﺑﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ, ﻓﺘﺮﻙ ﺍﻟﺨﻮﺽ ﻓﻲ ﺍﻟﻔﺘﻨﺔ, ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻔﺘﻨﺔ ﻳﻔﺘﻀﺢ ﻋﻨﺪﻫﺎ ﺧﻠﻖ ﻛﺜﻴﺮ . انتهى كلامه رحمه الله
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi