Apakah Amalan Kita Yang Termasuk Seperti Debu Berterbangan?

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Apakah Amalan Kita Yang Termasuk Seperti Debu Berterbangan?
<Syaikh Zaid bin Muhammad bin Hadi al Madkhali rahimahullah

"Setiap amal yang dikerjakan seseorang dengan tanpa tauhid dan terjatuh dalam kesyirikan, maka sama sekali tiada nilainya maupun beratnya. Karena tidaklah dinamakan ibadah melainkan dengan tauhid.

Adapun tanpa tauhid, sekalipun yang dikerjakan seseorang itu bentuknya bentuk ibadah seperti sedekah, meminjami, dermawan, berderma, memaafkan, berbuat baik kepada manusia dan lainnya, namun dalam kondisi kosong dari tauhid, maka amalan seperti ini termasuk dalam Firman Allah ﷻ
وَقَدِمْنَا إِلَىٰ مَا عَمِلُوا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاءً مَنْثُورًا
Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan. (Al Furqan:23)

Abraz al Fawaid minal Arba' Qawa'id hal.11

http://t.me/ukhwh


قال العلامة الفقيه : زيد بن محمد بن هادي المدخليّ-رحمه الله- :

كل عمل يتقدم به الانسان مع فقد التوحيد و الوقوع في الشرك , فلا قيمة له و لا وزن له أبدا", اذ لاتسمى عبادة الا مع التوحيد , و أما بدون التوحيد فهما قدّم الانسان مما صورته صورة العبادة كالصدقة و الاقراض و السخاء و البذل و العفو و الاحسان الى الناس و ما شاكل ذلك و هو فاقد للتوحيد , فانه داخل تحت قوله تعالى: " و قدمنا الى ما عملوا من عمل فجعلناه هباء" منثورا.


ابراز الفوائد من الأربع قواعد للعلامة زيد المدخليّ ص 11

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi