Apakah Mempelajari Kitabullah Selain Di Masjid Ada Pahalanya

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Apakah Mempelajari Kitabullah Selain Di Masjid Ada Pahalanya
<Tanya:
Wahai Fadhilatu Syaikh, Hadits yang diriwayatkan dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam

"Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah dari rumah-rumah Allah kemudian mereka membaca Kitabullah dan mempelajarinya kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, mereka akan diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat dan dipuji oleh Allah di hadapan para malaikat yang ada di sisi-Nya"

Apabila suatu kaum berkumpul di selain rumah Allah kemudian mereka mempelajari kitab-kitab fiqih, aqidah, tafsir, hadits dan yang lainnya, apakah mereka juga akan mendapatkan keutamaan dari Allah seperti yang tersebut dalam hadits tadi ataukah mereka mendapatkan derajat lebih rendah?

Jawab:

Apabila Al-Quran dan sunnah menunjukkan bahwa pahala tertentu dihasilkan dengan tatacara tertentu, maka kita tidak boleh melampauinya.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah satu kaum berkumpul di satu rumah dari rumah-rumah Allah". Yang dimaksud rumah-rumah Allah adalah masjid-masjid.

Sehingga apabila ada satu kaum berkumpul di selain rumah Allah maka tidak ditulis baginya pahala ini.

Akan tetapi dengan perkumpulan tersebut mereka berada di atas satu kebaikan, tidaklah diragukan.

Adapun pahala khusus yang dihasilkan dari amalan khusus ini, tidaklah didapatkan kecuali dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan oleh syariat.


sumber: silsilah liqoat babil maftuh 170


أجر تدارس كتاب الله في غير المساجد

السؤال:
فضيلة الشيخ, الحديث المروي عن رسول الله صلى الله عليه وسلم: «ما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه فيما بينهم؛ إلا نزلت عليهم السكينة، وغشيتهم الرحمة، وحفتهم الملائكة، وذكرهم الله فيمن عنده» هل لو اجتمع قومٌ في غير بيت من بيوت الله ويتدارسون في كتب الفقه والعقيدة والتفسير والحديث وغير ذلك فهل ينالون مثل هذا الفضل من الله سبحانه وتعالى، أم أنهم أقل درجة من أولئك؟

الجواب:

إذا دل الكتاب والسنة على ثوابٍ معين بصفةٍ معينة فإننا لا نتعداه، الرسول عليه الصلاة والسلام قال: «ما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله»وبيوت الله هي المساجد، فإذا اجتمع قومٌ في غير المساجد فإنه لا يكتب لهم هذا الأجر لكنهم في اجتماعهم على خير ولا شك. أما الأجر الخاص الذي رتب على هذا العمل الخاص فإنه لا يحصل إلا بالأوصاف التي اعتبرها الشارع.

المصدر: سلسلة لقاءات الباب المفتوح > لقاء الباب المفتوح [170]



WhatsApp Salafy Cirebon
Gabung di Channel Telegram :
https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiyah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi