Benarkah Rasulullah ﷺ Al Qur'an Yang Berjalan?

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Benarkah Rasulullah ﷺ Al Qur'an Yang Berjalan?
<Fatwa Syaikh al 'Allamah Rabi' bin Hadi al Madkhali hafizhahullah

Pertanyaan:
Kami mendengar ucapan yang umumnya beredar dari sebagian orang yang berpidato tentang Rasulullah ﷺ sebagai Al Qur'an yang berjalan di muka bumi yakni Beliau ﷺ menerapkan hukum-hukumal Qur'an, lantas apa hukum ucapan ini?

Jawaban:
Semestinya kita mengucapkan: akhlak Beliau ﷺ adalah al Qur'an sebagaimana ucapan Aisyah رضي الله عنها karena al Qur'an itu kalamullah (perkataan Allah) dan bukan makhluk,

sedangkan Muhammad ﷺ adalah manusia yang diciptakan, sehingga tidak semestinya kita mengucapkan perkataan seperti ini.

Padahal kita (ahlussunnah) memerangi kelompok mu'tazilah dan yang lainnya tentang pendapat mereka al Qur'an itu makhluk, lantas bagaimana bisa kita mengucapkan perkataan ini?!

Maka, yang mesti kita katakan adalah:

-Rasulullah ﷺ mempraktekkan al Qur'an,

-akhlak Beliau berdasarkan al Qur'an sehingga akhlak Beliau ﷺ al Qur'an karena Beliau mengamalkannya dan meyakini perkara yang ada dalam al Qur'an.

Jadi, ucapan ini---wallahu a'lam---adalah ungkapan yang aneh hasil dari meniru orang barat.

http://www.rabee.net/ar/questions.php?cat=53&id=646

http://t.me/ukhwh


لا ينبغي أن نقول مثل هذا الكلام

للشيــخ العــلامة/
*ربيع بن هادي المدخلي*
-حفظه الله-

❪✵❫ السُّـــ↶ــؤَال ُ:

نسمع بعض الخُطَباء تجري على ألسنتهم في إطلاق رسول الله صلى الله عليه وسلم « كان قرآناً يمشي على الأرض » أي : مُطبّقا لأحكام القرآن، فما حكم هذا ؟

❪✵❫ الجَــ↶ـــوَاب ُ:

|• ينبغي أن نقول : كان خُلُقُه القرآن، كما قالت عائشة - رضي الله عنها - والقرآن كلام الله وليس بمخلوق، ومحمد عليه الصلاة والسلام بشر مخلوق، وما ينبغي أن نقول مثل هذا الكلام؛

|• لأننا حاربنا المعتزلة وغيرهم في قولهم القرآن مخلوق، فكيف نقول مثل هذا الكلام ؟! نقول : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يُطَبِّق القرآن،

|• كانت أخلاقه مستمدّة من القرآن، كان خُلُقُه القرآن، يعمل به، ويعتقد ما فيه عليه الصلاة والسلام، هذه والله أعلم تعابير غربية يقلّدون فيها الغرب.

◉ ــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi