Berapakah Batas Waktu Minimum Untuk Beri'tikaf ?

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Berapakah Batas Waktu Minimum Untuk Beri'tikaf ?
<Al-'Allamah 'Ubaid bin 'Abdillah al-Jabiriy hafizhahullahu wa ra'ahu ditanya :

Pertanyaan pertama pada pertemuan ini; berkata penanya : Berapakah batas waktu minimun untuk beri'tikaf jika tidak mungkin untuk beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir seluruhnya?

Jawaban :
Sesungguhnya hukum-hukum Allah subhanahu wa ta'ala dibangun di atas (prinsip) kemudahan, sebagaimana juga dibangun di atas (prinsip) kemaslahatan dan mencegah kerusakan. Dan termasuk dalam hal itu adalah i'tikaf. Sehingga syari'at, sebatas (pengetahuan) yang sampai kepada saya, tidaklah menentukan batasan. Oleh karena itu sebagian ahlul ilmi berpendapat bahwa batasan minimumnya adalah sesaat. Maka beri'tikaflah (sebatas) apa yang mudah bagimu.


┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉


كم ﺃﻗﻞ ﻣﺪﺓ ﻟﻼﻋﺘﻜﺎﻑ؟

سئل العلامة ﻋﺒﻴﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺠﺎﺑﺮﻱ - حفظه الله ورعاه -:

ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ ﺍﻷﻭﻝ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻠﻘﺎﺀ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﺴﺎﺋﻞ : ﻛﻢ ﺃﻗﻞ ﻣﺪﺓ ﻟﻼﻋﺘﻜﺎﻑ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺘﻤﻜَّﻦ ﺃﻥ ﻳﻌﺘﻜﻒ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺸﺮ ﺍﻷﻭﺍﺧﺮ ﻛﻠﻬﺎ؟

ﺍﻟﺠﻮﺍﺏ :
ﺇﻥَّ ﺃﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﻠﻪ - ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻪُ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻰ - ﻣﺒﻨﻴﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻴُﺴﺮ ﻭﺍﻟﺴﻬﻮﻟﺔ، ﻛﻤﺎ ﺇﻧﻬﺎ ﻣَﺒﻨﻴﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺼﺎﻟِﺢ ﻭﺩﻓﻊ ﺍﻟﻤﻔﺎﺳِﺪ، ﻭﻣﻦ ﺫﻟﻜﻢ ﺍﻻﻋﺘﻜﺎﻑ، ﻓﻠﻢ ﻳُﺤﺪِّﺩ ﺍﻟﺸﺮﻉ ﻓﻴﻤﺎ ﻭﻗﻔﺖ ﻋﻠﻴﻪ ﻣُﺪَّﺓ، ﻭﻟﻬﺬﺍ ﻗﺎﻝ ﺑﻌﺾ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠِﻢ ﺃﻗﻠّﻪُ ﺳﺎﻋﺔ، ﻓﺎﻋﺘﻜﻒ ﻣﺎ ﺗﻴَّﺴﺮ ﻟﻚ .


https://www.miraath.net/ar/content/fatawa/888233

Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi