Hukum Mandi Jumat Bagi Wanita

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Hukum Mandi Jumat Bagi Wanita
<Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

Pertanyaan:
Saudari kami bertanya wahai Syaikh tentang hukum mandi Jumat bagi kaum wanita yang tidak pergi ke masjid, tetapi mereka salat di rumah-rumah mereka. Jika mandi Jumat itu wajib bagi mereka, maka kapan dilakukan? Apakah sebelum Zhuhur?

Jawaban:
Tidak ada mandi Jumat bagi kaum wanita. Mandi itu hanya disyariatkan bagi seseorang yang pergi menghadiri salat Jumat. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam: barangsiapa pergi menghadiri salat Jumat, hendaknya ia mandi.

Adapun kaum wanita, maka salat mereka cukup dengan wudhu dan tidak ada mandi bagi mereka akan tetapi mandi itu hanya disyariatkan bagi kaum pria.

http://www.binbaz.org.sa/noor/7506

http://t.me/ukhwh


حكـم غسـل الجمعــة بنسبــة للمــرأة

❐ للشــيخ العـلامــہ /
؏ـبد العـزيز بـن ؏ـبد اللّـہ بـن بـاز /
ـ رحمـہ اللّـہ تـعالـﮯ :

❪ ✿ ❫ السُّـــــــــؤَالُ : ☟

⇦ أختنا تسأل سماحتكم عن حكم غسل الجمعة للنساء اللائي لا يذهبن إلى المساجد بل يصلين في بيوتهن، وإذا كان واجب عليهن فمتى يكون؟ هل هو قبل الظهر؟

❪ ✿ ❫ الجَـــ ـــوَابُ : ☟

⇦ ليس على النساء غسل الجمعة، الغسل على من راح إلى الجمعة كما قال النبي -صلى الله عليه وسلم-: (من راح إلى الجمعة فليغتسل) أما هن فالصلاة لهن بالوضوء وليس عليهن غسل، وإنما هو على الرجال.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi