Hukum Seorang Wanita Ragu Tentang Datangnya Haidh Sebelum Azan Ataukah Setelahnya?

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Hukum Seorang Wanita Ragu Tentang Datangnya Haidh Sebelum Azan Ataukah Setelahnya?
<Fatwa Syaikh Ibnul 'Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan:
Jika telah masuk waktu salat lalu saat seorang wanita ke kamar mandi untuk cebok ternyata dia melihat darah haidh, namun dia tidak tahu, darah haidh ini keluar sebelum azan ataukah setelah azan, maka apa yang wajib atasnya?

Jawaban:
Hukum asalnya darah haidh ini tidak keluar. Berdasarkan hukum ini, jika nantinya dia sudah suci dari haidh, maka dia qadha salat yang telah masuk waktunya.

Kecuali jika dari saat dia mendengar azan, dia pergi dengan segera ke kamar mandi lalu dia melihat darah، maka pada umumnya darah haidh ini keluar sebelum masuk waktu salat, sehingga ketika kondisi keluarnya darah haidh sebelum salat, berarti tidak wajib atasnya salat.

Liqa' al Bab al Maftuh 146

http://binothaimeen.net/content/4890

http://t.me/ukhwh

حكم امرأة شكّت هل جاءها الحيض قبل الأذان أم بعده

إذا دخل وقت الصلاة وذهبت المرأة دورة المياه للاستنجاء فرأت دم الحيض فلا تدري هل نزل هذا الدم قبل الأذان أو بعد الأذان فماذا يجب عليها؟

الأصل أنه لم ينزل، وعلى هذا فإذا طهرت تقضي الصلاة التي دخل وقتها، إلا إذا كانت من حين سمعت الأذان ذهبت بسرعة ورأت الدم فالغالب أنه يكون هذا قبل الوقت، وإذا كان قبل الوقت لم تجب عليها الصلاة

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi