Ilmu Adalah Benteng Yang Kokoh Dan Baju Perang Yang Kuat

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Ilmu Adalah Benteng Yang Kokoh Dan Baju Perang Yang Kuat
<Asy-Syaikh 'Abdus Salam bin Barjas Alu 'Abdil Karim -rohimahullohu ta'ala- berkata :

"Kita menjumpai sebagian orang yang telah berusia tua di negara kita ini (Arab Saudi, pent) yang berasal dari kalangan masyarakat umum yang buta huruf, mereka menghafal sebagian matan-matan aqidah, seperti Al-Ushul Ats-Tsalatsah, Kasyfusy Syubuhat, dan Kitabut Tauhid, serta mereka (juga) menghafalkan Adabul Masyi Ilash Sholah.

Dan Al-Imam Su'ud bin Abdil 'Aziz yang pertama, dan Al-Imam Faishol bin Turkiy -rohimahumullohu ta'ala- sungguh telah menetapkan pembelajaran kitab-kitab tersebut di seluruh masjid yang ada di Negara Saudi. Sehingga -Alhamdulillah- anak-anak kecil maupun orang tua menghafalnya. Baik masyarakat umum maupun para penuntut ilmu. Sebagaimana hal itu diketahui oleh banyak orang yang mereka memperhatikan berita-berita ini.

Inilah satu-satunya rahasia tentang tetap bersihnya negara ini dari kotoran bid'ah. Kalau bukan karena masyarakat umum berada di atas ilmu tentang aqidah mereka, maka niscaya akan tersebar di tengah-tengah mereka sesuatu yang termasuk kebid'ahan atau kesyirikan. Akan tetapi, ilmu adalah benteng yang kokoh dan baju perang yang kuat. Siapa saja yang melindungi diri dengannya, maka dia akan terjaga dari keburukan yang banyak."

Sumber : Majmu'ul Muhadhorot, hal: 63


┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉


قال الشيخ/ عبد السَّلام بن برجس العبد الكريم -رحمه اللّٰه تعالىٰ-:

"ونحن أدركنا بعض كبار السن في بلدنا هذا من العامة الأميين يحفظون بعض متون العقيدة كالأصول الثلاثة وكشف الشبهات وكتاب التوحيد ويحفظون آداب المشي إلىٰ الصلاة.

ولقد قرر الإمام سعود بن عبد العزيز الأول والإمام فيصل بن تركي -رحمهم اللّٰه تعالىٰ- دراسة هذه الكتب على جميع المساجد في الدولة السعودية، فحفظها -وللّٰه الحمد- الصغار والكبار، العامة وطلبة العلم، كما يعرف ذلك كثير ممن اعتنىٰ بهذه الأخبار.

وهذا هو السَّر الوحيد في بقاء هذه البلاد نقية من أدران البدع، فلو لم يكن العامة على علم بعقيدتهم لفشا فيهم شيء من البدع والشركيات، ولكن العلم حصنٌ حصين ودرعٌ متين، من تحصَّن به وُقِيَ شراً كثيراً".

المصدر: مجموع المحاضرات؛ ص: (٦٣)


Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi