Kaidah: Zakat Fitrah Mengikuti Badan Dan Zakat Mal Mengikuti Harta

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Kaidah: Zakat Fitrah Mengikuti Badan Dan Zakat Mal Mengikuti Harta
<Syaikh Ibnul 'Utsaimin rahimahullah berkata:

"Ini sebuah kaidah. Bahwa zakat fitrah itu mengikuti badan dan zakat mal (harta) itu mengikuti harta. Misalnya jika kita asumsikan seseorang berada di sebuah negeri dan hartanya di negeri yang lain untuk berniaga, maka dia mengeluarkan zakat mal di negeri yang lainnya itu, tidak di negeri yang dia berada. Adapun zakat fitrah, maka dia keluarkan di negeri yang dia berada.

Jadi, Inilah kaidah para ahli fikih rahimahullah, bahwa zakat mal mengikuti harta dan dikeluarkan di negeri yang hartanya berada padanya, sedangkan zakat fitrah mengikuti badan dan dikeluarkan di negeri yang seseorang berada padanya."

Jalsat Ramadhaniyyah

https://www.sahab.net/forums/index.php?app=forums&module=forums&controller=topic&id=166935

http://t.me/ukhwh


قاعدة : "أن زكاة الفطر تتبع البدن، وزكاة المال تتبع المال "

قال ابن عثيمين : هذه هي القاعدة، أن زكاة الفطر تتبع البدن، وزكاة المال تتبع المال، فلو فرضنا أن رجلا في بلد، وماله في بلد آخر يتجر فيه، فإنه يخرج زكاة المال في البلد الآخر، لا في بلده هو، وأما زكاة الفطر ففي بلده هو؛ لأن هذه هي قاعدة الفقهاء رحمهم الله، على أن زكاة المال تتبع المال، وتخرج في البلد الذي فيه المال، وزكاة الفطر تتبع البدن، وتخرج في البلد الذي فيه الإنسان. "

جلسات رمضانية" للعلامة ابن عثيمين رحمه

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi