Keistimewaan Umrah Pada 27 Ramadhan Dan Hal Yang Perlu Dihindari

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Keistimewaan Umrah Pada 27 Ramadhan Dan Hal Yang Perlu Dihindari
<Syaikh Ibnu Baz rahimahullah

Pertanyaan:
Penanya wanita berkata dalam pertanyaannya yang kedua: apakah umrah pada 27 Ramadhan memiliki istimewa dibandingkan hari-hari Ramadhan lainnya?

Jawaban:
Keistimewaannya adalah umrah itu bertepatan dengan lailatul qadar. Karena malam 27 adalah malam yang paling diharapkan terjadinya lailatul qadr. Maka orang-orang pun antusias atasnya karena mengharap bertepatan dengan malam ini sehingga menjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan. Seperti Allah Jalla Wa 'Ala firmankan: malam kemulian itu lebih baik dari seribu bulan (al Qadr:3) yakni amalan pada malam itu lebih baik daripada amal dalam seribu bulan. Sehingga umrah di saat itu lebih baik dari umrah dalam seribu bulan. Inilah alasan orang mencari malam ini.

Namun seyogyanya jika kondisinya penuh sesak dan sulit, tidak sepantasnya ikut serta. Karena lailatul qadr itu sendiri tidak bisa dipastikan. Terkadang terjadi pada malam ke-27 dan terkadang pada malam yang lain. Kemudian seandainya lailatul qadr terjadi pada malam ke-27, maka kondisi berdesak-desakan yang mambahayakan orang ini tidak seyogyanya dan tidak boleh, tidak boleh dia mempertaruhkan keselamatan dirinya maupun istrinya pada suasana berdesak-desesakan karena berharap lailatul qadr. Perkaranya disini longgar, yang penting dia sudah mengutamakan hal yang wajib. Alhamdulillah baik bertepan atau tidak bertepatan dengan lailatul qadr. Dia memperoleh pahala besar pada umrahnya alhamdulillah.

Pembawa acara: jazakumullahu khairan.

https://binbaz.org.sa/fatwas/12101/%D9%85%D8%B2%D9%8A%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D8%B9%D9%85%D8%B1%D8%A9-%D9%81%D9%8A-%D8%B3%D8%A8%D8%B9%D8%A9-%D9%88%D8%B9%D8%B4%D8%B1%D9%8A%D9%86-%D9%85%D9%86-%D8%B1%D9%85%D8%B6%D8%A7%D9%86

http://t.me/ukhwh

مزية العمرة في سبعة وعشرين من رمضان

السؤال: تقول في ثاني أسئلتها: هل لعمرة سبع وعشرين من رمضان مزية على بقية أيام رمضان؟

الجواب: مزيتها أنها قد توافق ليلة القدر؛ لأن ليلة سبعة وعشرين أرجى الليالي في ليلة القدر، فالناس يحرصون على ذلك يرجون أن توافق هذه الليلة حتى تكون خيراً من ألف عمرة، كما قال جل وعلا:لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ [القدر:3] يعني: العمل فيها خير من عمل في ألف شهر، فالعمرة فيها خير من العمرة في ألف شهر وهكذا، هذا وجه تحري الناس لهذه الليلة لكن لا ينبغي إذا كان زحام ومشقة لا ينبغي؛ لأن ليلة القدر غير معلومة، قد تكون في ليلة سبعة وعشرين وقد تكون في غيرها.
ثم لو كانت في ليلة سبعة وعشرين فالزحام الذي يضر الناس لا ينبغي، ولا يجوز، لا يجوز أن يخاطر بنفسه ولا بزوجته في زحام يرجو ليلة القدر، الأمر فيها واسع فضل ما هو بشيء واجب، الحمد لله صادفها أو ما صادفها، له أجر عظيم في العمرة والحمد لله.
المقدم: جزاكم الله خيراً.

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi