Menyikapi Kekeliruan Ahlul 'Ilmi

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Menyikapi Kekeliruan Ahlul 'Ilmi
<Al Kisai rahimahullah berkata,

"Aku shalat mengimami Khalifah Harun Ar Rasyid, maka aku pun merasa kagum dengan bacaanku, sehingga aku keliru pada satu ayat yang anak kecil sekalipun tidak akan keliru pada ayat tersebut. Aku hendak membaca, "La'allahum yarji'uun" akan tetapi aku membacanya, "La'allahum yarji'iin".

Al Kisai melanjutkan kisahnya, "Demi Allah, Harun tidak berani untuk berkata kepadaku, "Engkau keliru membaca".

Akan tetapi (yang diperbuatnya) tatkala aku selesai membaca salam ialah bertanya kepadaku, "Wahai Kisai, Engkau tadi membaca dengan dialek bahasa yang mana?".

Aku menjawab, "Wahai Amirul Mu'minin, orang yang mulia juga terkadang keliru".

Kemudian beliau (Harun) berkata, "Adapun yang ini, (aku tahu) memang satu kekeliruan".

Imam Adz Dzahabi rahimahullah berkata,

"Siapa yang dapat memahami ucapan ini, maka dia akan mengetahui bahwa seorang yang berilmu sehebat dan setinggi apapun ilmunya, ia tidak akan lepas dari kekeliruan dan ketergelinciran. Namun hal ini tidaklah mencacati ilmunya dan tidak pula mengurangi derajat serta kedudukannya.

Maka barang siapa yang menyikapi kekeliruan dan ketergelinciran orang yang berilmu dan memiliki keutamaan dengan cara ini, niscaya jalan hidupnya akan terpuji dan disyukuri serta dia akan terbimbing kepada kebenaran".

(Siyar a'laamin nubalaa 1/376)

Dinukil oleh: Abu Ubaidah Hisyam Al Maghribi

قال الكسائي رحمه الله :

صليت بهارون الرشيد، فأعجبتني قراءتي، فغلطت في آية ما أخطأ فيها صبي قط، أردت أن

أقول: "لعلهم يرجعون"

فقلت : "لعلهم يرجعين"

قال : فوالله ما اجترأ

هارون أن يقول لي : أخطأت، ولكنه لما سلمت

قال لي : يا كسائي ! أي لغة هذه ؟ قلت يا أمير المؤمنين ! قد يعثر الجواد،

فقال: أما هذا فنعم .
من وعى عقله هذا الكلام علم أن العالم مهما علا كعبه ، وبرَّز في العلم ،إلا أنه لا يسلم من أخطاء وزلات ، لا تقدح في علمه ، ولا تحط من قدره ، ولا تنقص منزلته . ومن حمل أخطاء أهل العلم والفضل على هذا السبيل حمدت طريقته ، وشكر مسلكه،ووفق للصواب .


سير النبلاء (٣٧٦/١٤)

Tim WSC

=========================

WhatsApp Salafy Cirebon
Gabung Channel Telegram:
http://t.me/salafy_cirebon


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi