Orang Tua Yang Pikun Tidak Wajib Meng-qadha Puasa

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Orang Tua Yang Pikun Tidak Wajib Meng-qadha Puasa
<Pertanyaan diajukan kepada Asy Syaikh Al Allamah Ibnu Baaz - rahimahullah- :

Pertanyaan :
Seorang lelaki yang sudah tua, yang sudah tidak mengingat sesuatu apapun lagi dalam hidupnya, bahkan anak kandungnya sudah tidak dikenali. Sehingga dia hidup dengan tidak berpuasa, tidak melaksanakan shalat dan dia sudah tidak mengetahui akan hal tersebut dan sekarang lelaki ini sudah meninggal dunia. Apakah wajib bagi anak-anaknya mengganti puasa Ramadhan yang ditinggalkannya?

Jawaban :
Jikalau sang lelaki tersebut keadaannya sebagaimana disebutkan, maka tidak ada kewajiban baginya. Karena sesungguhnya dia tidak sadar/waras sehingga tidak termasuk orang yang mukallif (terbebani syariat) dengan terus menerusnya dia dalam keadaan seperti itu, yang menjadikannya digolongkan kepada orang gila karena disebabkan umurnya yang sudah tua. Maka tidak ada kewajiban shalat, zakat dan ibadah-ibadah lain baginya. Telah terangkat pena baginya. Wallahul Mustaan.


┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉


الرجل الكبير الخرف لا يقضى عنه الصيام .

سُئل الشَّـيخ العلّامـة بنُ بـازٍ-رَحِمهُ الله-:

السُّـــــــؤَالُ:
رجل كبر في السن، وأصبح لا يعي من الحياة أي شيء، حتى من هم أبناؤه، وأصبح لا يصوم، ولا يصلي، ولا يعرف معنى ذلك، والآن توفي، فهل يجب على أبنائه قضاء صوم رمضان؟

الجَــــــوَابُ:
”إذا كان الرجل كما ذكر فليس عليه شيء؛ لأنه اختل صار في حكم غير المكلفين لما زال شعوره صار من جنس المجانين، و المعاتيه؛ بسبب الهرم فلا شيء عليه، لا صلاة، ولا زكاة، ولا غير ذلك، رفع عنه القلم والله المستعان“.
ــــ

المصــدَرُ :
https://binbaz.org.sa/fatwas/14857/حكم-من-زال-عنه-عقله-ولم-يصل-ولم-يصم

Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi