Semangat Para Ulama Meninggalkan Ghibah

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Semangat Para Ulama Meninggalkan
<Bismillah

قال الذهبي:

قال ابن أبي حاتم: حدثنا أبي حدثنا حرملة، سمعت ابن وهب يقول:

«نذرت أني كلما اغتبت إنسانا أن أصوم يوما، فأجهدني فكنت أغتاب، وأصوم، فنويت أني كلما اغتبت إنسانا أن أتصدق بدرهم، فمنْ حُبِ الدراهم تركتُ الغيبة».

قلت ـ الذهبي ـ: هكذا والله كان العلماء؛ وهذا هو ثمرة العلم النافع.

[«سير أعلام النبلاء» (9/228)]


Adz Dzahabi berkata,"

Ibnu Abi Hatim menceritakan," Bapakku menyampaikan
kepadaku dari Harmalah bahwa beliau (Harmalah) mendengar Ibnu Wahb berkata,"
Aku bernazar untuk berpuasa setiap kali aku menggibah manusia.

Maka hal itu melelahkanku, aku menggibah lalu aku berpuasa (terus berlangsung demikian). Sehingga aku berniat untuk bernazar dengan bersedekah satu dirham setiap aku menggibah manusia. Maka karena kecintaanku kepada dirham maka aku dapat meninggalkan gibah."

Aku (Adz Dzahabi) mengatakan," Demikianlah, Demi Allah, keadaan para ulama. Ini merupakan buah dari ilmu yang bermanfaat."

Sumber :
(Siar A'alam Annubala 9/228)


Tim WSC

==========================
WhatsApp Salafy Cirebon
CHANNEL TELEGRAM :
http://t.me/salafy_cirebon



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi