Bantahan Bahwa Membantah Ahlu Bathil Akan Memutus Jalan Ilmiyah Bagi Penuntut Ilmu

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Bantahan Bahwa Membantah Ahlu Bathil Akan Memutus Jalan Ilmiyah Bagi Penuntut Ilmu
<Telah ditanya Fadhilatusy Syaikh Rabi bin Hadi Al Madkhali hafizhahullah sebagaimana dalam "Ajwibah Fadhilatusy Syaikh Rabi' bin Hadi Al Madkhaliy As Salafiyyah ‘Ala As’ilah Abi Rawahah Al Manhajiyyah"

Teks pertanyaannya :
Banyak orang berprasangka bahwa membantah ahli bid'ah dan pengekor hawa nafsu memutus jalan ilmiyah yang ditempuh seorang thalabul ilmi dalam perjalanannya menuju Allah. Apakah ini benar?

Jawaban :
Ini pemahaman yang bathil. Ini merupakan metode ahlul bathil dan ahli bid’ah untuk membungkam lisan ahlussunnah.

Pengingkaran terhadap ahli bid’ah termasuk perkara teragung dalam hal amar maruf nahi munkar.

Tidak ada yang membedakan umat Islam ini dibanding dengan umat-umat yang lain kecuali dengan keistimewaan ini (amar ma’ruf nahi munkar).

ﻛُﻨْﺘُﻢْ ﺧَﻴْﺮَ ﺃُﻣَّﺔٍ ﺃُﺧْﺮِﺟَﺖْ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ ﺗَﺄْﻣُﺮُﻭﻥَ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ﻭَﺗَﻨْﻬَﻮْﻥَ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻤُﻨْﻜَﺮِ ﻭَﺗُﺆْﻣِﻨُﻮﻥَ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻟَﻮْ ﺁﻣَﻦَ ﺃَﻫْﻞُ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻟَﻜَﺎﻥَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻟَﻬُﻢْ ﻣِﻨْﻬُﻢُ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨُﻮﻥَ ﻭَﺃَﻛْﺜَﺮُﻫُﻢُ ﺍﻟْﻔَﺎﺳِﻘُﻮﻥ
َ
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” ( Ali Imran: 110)

Mengingkari kemungkaran adalah praktek dari pemahaman agama Allah yang dipelajari seorang pemuda muslim dan dari belajarnya dia terhadap kitabullah dan sunnah Rasul-Nya yang mulia 'alaihish sholatu wassalam.

Jika dia tidak menerapkan amar ma’ruf nahi munkar ini, khususnya terhadap ahli bid’ah, dia telah masuk ke dalam firman Allah Tabaraka wa Ta’ala :

ﻟُﻌِﻦَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻛَﻔَﺮُﻭﺍ ﻣِﻦ ﺑَﻨِﻲ ﺇِﺳْﺮَﺍﺋِﻴﻞَ ﻋَﻠَﻰ ﻟِﺴَﺎﻥِ ﺩَﺍﻭُﺩَ ﻭَﻋِﻴﺴَﻰ ﺍﺑْﻦِ ﻣَﺮْﻳَﻢَ ﺫَﻟِﻚَ ﺑِﻤَﺎ ﻋَﺼَﻮْﺍ ﻭَﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳَﻌْﺘَﺪُﻭﻥَ * ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻻَ ﻳَﺘَﻨَﺎﻫَﻮْﻥَ ﻋَﻦ ﻣُﻨﻜَﺮٍ ﻓَﻌَﻠُﻮﻩُ ﻟَﺒِﺌْﺲَ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻧُﻮﺍ ﻳَﻔْﻌَﻠُﻮﻥ
َ
“Telah dila’nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu.” (Al-Maidah: 78-79)

Jika dia memandang bahwa bid’ah tersebar, memiliki penyeru, penopang, orang-orang yang membelanya, dan orang-orang yang memerangi ahlussunnah, maka bagaimana dia bisa diam? Sedangkan ucapan mereka bahwa ini (membantah ahli bid’ah) akan memutus dari ilmu, ini adalah kedustaan, bahkan ini termasuk ilmu dan penerapan ilmu.

Kesimpulannya, seorang penuntut ilmu harus mengkhususkan waktu untuk tahshil (memperoleh ilmu). Dia harus bersungguh-sungguh dalam tahshil. Dia tidak akan bisa menghadapi kemungkaran kecuali dengan ilmu. Intinya dia berusaha memperoleh ilmu dan dalam waktu yang bersamaan juga menerapkan ilmunya. Dan Allah akan memberkahi pelajar yang mengamalkan ilmunya.

Kadang berkah dicabut ketika dia melihat kemungkaran di depannya, dia malah mengatakan : “Tidak tidak, aku masih menuntut ilmu.” Dia melihat kesesatan dan ahlul bathil mengibarkan syiar-syiar bathil dan mengajak manusia kepadanya dan menyesatkan manusia, kemudian dia berkata : “Tidak tidak, aku tidak akan menyibukkan diri dengan perkara ini. Aku akan menyibukkan diri dengan ilmu.” Maksudnya dia akan terbiasa dengan basa-basi.


http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=124566
WhatsApp Ashhaabus Sunnah
اصحاب الســنة
Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi