Cara Wudhu Yang Sempurna (Beserta Keutamaan sholat dua rokaat setelahnya)

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Cara Wudhu Yang Sempurna (Beserta Keutamaan sholat dua rokaat setelahnya)
<Humron bin Aban rohimahullah menceritakan, -beliau adalah bekas budak Shahabat ‘Utsman bin ‘Affan rodhiyallahu ‘anhu-,

Pada suatu hari, beliau pernah melihat Shahabat ‘Utsman bin ‘Affan rodhiyallahu ‘anhu mengambil satu bejana air untuk wudhu.

Lalu beliau mencuci telapak tangannya sebanyak tiga kali, dengan cara menuangkan air tersebut ke dalam telapak tangannya.

Kemudian berkumur-kumur, sekaligus menghirup air ke dalam hidung (istinsyaq) serta mengeluarkannya, (sebanyak tiga kali.

(Jumlah tiga kali dalam tata cara berkumur dan istinsyaq di ambil dari hadits Abdullah bin Zaid rodhiyallahu ‘anhu yang diriwayatkan Imam Muslim no.235, pent).

Kemudian membasuh wajah, tiga kali.

Kemudian membasuh tangan hingga siku, tiga kali.

Kemudian mengusap kepala (dari tempat tumbuhnya rambut bagian depan, hingga rambut bagian belakang, termasuk dua telinganya), satu kali.

Membasuh kaki hingga mata kaki, tiga kali.


Kemudian Utsman rodhiyallahu ‘anhu berkata: “Saya melihat Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam berwudhu dengan cara seperti ini, lalu beliau bersabda:

مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِي هَذَا ثُمَّ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berwudhu dengan wudhu`ku yang seperti ini, lantas dia berdiri mengerjakan sholat dua rokaat tanpa memikirkan perkara lain dengan hatinya di dalam dua rokaat itu (), maka dosa-dosa nya yang telah lalu akan diampuni.”

() Maksudnya adalah melakukan sholat dua rokaat dengan khusyu’.


Semoga Allah Ta’ala memudahkan kita untuk mengamalkannya, sehingga mendapatkan ampunan di sisi Nya. Aamiin.

Wallahul Muwaffiq


Sumber Rujukan: Shahih Al-Bukhori hadits no.164, 1934, & 6433, dan shahih Muslim hadits no.159, & (226) – 3
Dikirim oleh: al Ustadz Abdul Hadi Pekalongan hafizhahullah

#fawaidumum #wudhu

Update Ilmu agama bersama Warisan Salaf di: Website I Telegram I Twitter I Google Plus I Youtube I SMS Tausiyah
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi