Keutamaan Bulan Allah Muharram Dan Apa Saja Yang Disyariatkan Di Dalamnya

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Keutamaan Bulan Allah Muharram Dan Apa Saja Yang Disyariatkan Di Dalamnya
<Fadhilatusy Syaikh Al Alamah Sholih bin Fauzan Al Fauzan -hafidzahullahu ta'ala- :

Pertanyaan :

"Tidak ragu lagi bahwa bulan Allah Muharram adalah bulan yang memiliki keistimewaan dan kedudukan yang agung dan dengannya pula dimulai permulaan tahun. Kami mohon dari syaikh yang mulia untuk memberikan penjelasan tentang keistimewaan bulan ini dan apa saja yang disyariatkan di dalamnya, dan juga penjelasaan keutamaan hari 'Asyura'?"

Jawaban:

Adapun "permulaan tahun" maka itu pekara yang sudah menjadi istilah di zaman , 'Umar -radhiallahu 'anhu- yaitu ketika beliau menentukan penanggalan hijriyah untuk menetapkan penanggalan surat-surat yang datang dari para pegawainya.

Dahulu, surat-surat datang dalam keadaan tidak diketahui kapan dikeluarkan dan kapan ditulis. Maka sejak itu, beliau -radhiallahu'anhu- mulai menyusun penanggalan dan menjadikan permulaan tahunnya dari bulan Muharram.

Hal ini karena bulan Muharram adalah;

•> Bulan saat jama'ah haji tiba dan kembali ke negeri-negeri mereka.

•> Bulan yang paling dicintai di sisi Allah setelah bulan Ramadhan.

Akhirnya, penanggalan dimulai dari bulan Muharram, walaupun hijrah itu terjadi di pertengahan tahun. Hijrah memang terjadi di pertengahan tahun, akan tetapi beliau -radhiallahu'anhu- ingin menjadikan penanggalan tersebut dimulai dari bulan Muharram.

•> Karena ia termasuk bulan haram, dan karena sungguh ia adalah waktu jama'ah haji tiba, pada masa itu, dengan menaiki unta-unta mereka.

Maka dimulailah penanggalan tahun hijriyah dari bulan Muharram.

Sumber suara (Tanya Jawab) dari :

[http://www.alfawzan.af.org.sa/sites/default/files/01_57.mp3]

_____________

فضل شهر الله المحرم وما يُشرع فيه

❍ فضيلة الشيخ العلامة/
صالح بن فوزان الفوزان حفظه الله تعالى :

❪✵❫ السُّـــ↶ــؤَال ُ:

لا شك أن شهر الله المحرم شهرٌ له مزيته ومكانته وبه تفتتح هذه السنة، نريد من فضيلتكم بيان فضل هذا الشهر وما يُشرع فيه، وأيضًا فضل يوم عاشوراء؟

❪✵❫ الجَــ↶ـــوَاب ُ:


أما افتتاح السنة فهو أمر إصطلاحي في عهد عمر- رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - لما وضع التاريخ الهجري من أجل ضبط الرسائل التي تأتيه من عماله، كانت تأتيه رسائل لا يدري متى صدرت ومتى كتبت، فوضع - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - التاريخ وجعله يبدأ من شهر المحرم،

لأنه الشهر الذي يقدم فيه الحجاجَّ ويعودن إلى أوطانهم، ولأنه أحب الشهور إلى الله بعد رمضان شهر الله المحرم .

فبدأ التاريخ من محرم، وإن كانت الهجرة في أثناء السنة؛ وقعت في أثناء السنة لكنه - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - أراد أن يجعله من بداية محرم،

لأنه شهرٌ حرام ولأنه وقت قدوم الحجاجَّ في وقته على ظهور الأبل، فبدأ السنة الهجرية من شهر محرم .

الـمقطـع الصوتي مِـنْ هُنــ↶ـا :

[http://www.alfawzan.af.org.sa/sites/default/files/01_57.mp3]


WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilimiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi