Orang Mukmin Yang Baik Adalah Yang Selalu Mengawasi Gerak Gerik Anggota Tubuhnya

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Orang Mukmin Yang Baik Adalah Yang Selalu Mengawasi Gerak Gerik Anggota Tubuhnya
<Disebutkan dari Hasan al-Bashri Rahimahullah, bahwasanya beliau berkata:

لا تلقى المؤمن إلا يحاسب نفسه: وماذا أردت تعملين؟ وماذا أردت تأكلين؟ وماذا أردت تشربين؟. والفاجر يمضى قدما قدما لا يحاسب نفسه".

"Tidaklah engkau menemui seorang mukmin melainkan ia akan selalu mengoreksi dirinya, Apa yang hendak engkau lakukan? apa yang hendak engkau makan? apa yang hendak engkau minum?"
Adapun orang fajir maka dia berlalu begitu saja tanpa mengintrospeksi dirinya (tidak peduli terhadap apa yang akan dilakukannya,pen)." (Ighatsatul Lahafan hal.78)

Seorang mukmin akan berhati-hati dalam bertindak. Setiap gerak-gerik anggota tubuhnya selalu dia awasi. Ketika akan melakukan sesuatu maka dia akan melihat apakah amalan itu bermanfaat atau tidak, atau amalan itu diperbolehkan atau dilarang?!

demikian pula ketika hendak makan dan minum, maka dia akan mengawasi apakah makanan yang akan dia makan dan minum tersebut adalah sesuatu yang halal atau tidak?!

Adapun orang fajir yang jelek, maka dia tidak akan peduli terhadap apa yang diperbuat oleh anggota tubuhnya.


Disajikan oleh Tim Warisan Salaf


Warisan Salaf menyajikan artikel dan Fatawa Ulama’ Ahlussunnah wal Jama’ah
Ikuti Channel kami di telegram https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi