Sekelumit Tentang Syaikh Abdurrahman As-sa'di

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Sekelumit Tentang Syaikh Abdurrahman As-sa'di
<Al-Ustadz Ruwaifi' bin Sulaimi, Lc

Beliau adalah seorang ‘alim kabir (ulama’ besar). Orang tuanya berasal dari daerah Qifar/Hail kemudian pindah ke negeri Qasim; lebih tepatnya di daerah ‘Unaizah.

Beliau adalah seorang yang rajin menuntut ilmu asy-syar’i,
(dan beliau) sangat tekun mempelajari kitab-kitab ulama’, terkhusus kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan Syaikhul Islam Ibnul Qayyim Rahimahumallah.

Sehingga berkumpullah dua kelebihan yang terdapat dalam Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan Imam Ibnul Qayyim Rahimahumallah pada diri Syaikh As-Sa’di Rahimahullah.

Kelebihan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah tentunya amatlah banyak, tetapi di antara yang amat menonjol adalah ketelitian beliau di dalam membahas suatu permasalahan.

Sedangkan Al-Imam Ibnul Qayyim juga tentunya mempunyai keutamaan yang banyak, namun di antara yang menonjol, yang ada pada diri beliau Rahimahullah adalah kelembutannya di dalam menyusun kata-kata, dan demikian menyentuh tulisan-tulisan beliau Rahimahullah Ta’ala.

Dua keutamaan ini terdapat pada diri Asy-Syaikh As-Sa’di Rahimahullah Ta’ala.

Beliau menulis syarah manzhumah (Qowa'idul Fiqhiyyah) ini dalam keadaan usia beliau 24 tahun, dan tentunya beliau tulis manzhumahnya sebelum usia 24 tahun.

Barangsiapa yang membaca syarah beliau, maka akan melihat bahwa beliau adalah seorang yang benar-benar mumpuni dalam hal ilmu.

Dalam usianya yang 24 tahun saja beliau telah memberikann fawaid yang demikian bermanfaat bagi thullabul ilmi, bagaimanakah jika karya-karya beliau ditulis pada saat usia beliau tua? Beliau meninggal dunia dalam usia 69 tahun.

Di antara murid-murid beliau adalah: Asy-Syaikh Al-Faqih Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah ta’ala dan Asy-Syaikh Al-Bassam rahimahullahu ta’ala.


Sumber: Pelajaran Qowa'idul Fiqhiyah oleh Al-Ustadz Ruwaifi', Lc
Ditranskrip oleh: Tim Warisan Salaf

#fawaidumum #biografiulama

Update Ilmu agama bersama Warisan Salaf di: Website I Telegram I Twitter I Google Plus I Youtube I SMS Tausiyah
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi