Ustman Bin Affan Kemudian Ali Bin Abi Thalib Radhiallahu 'Anhum Dalam Hal Keutamaan dan Khilafah

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Ustman Bin Affan Kemudian Ali Bin Abi Thalib Radhiallahu 'Anhum Dalam Hal Keutamaan dan Khilafah
<Hammad bin Zaid Rahimahullah berkata,

حماد بن زيد، يقول: لئن قلت إن عليا أفضل من عثمان لقد قلت إن أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم قد خانوا

"Seandainya aku mengatakan, bahwasanya Ali (bin Abi Thalib) lebih afdhal dari Utsman (bin Affan), sungguh aku telah menuduh para shahabat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam telah berkhianat." (Hilyatul Auliya 6/259)

Hammad bin Zaid adalah Abu Isma'il Hammad bin Zaid bin Dirham al-Jahdhami. Beliau lahir di Bashroh, kakek beliau berasal dari Sijistan.
Beliau merupakan ahli hadits yang kuat, kokoh, dan faqih.
Abdurrahman bin Mahdi berkata, "Aku tidak mengetahui orang yang lebih mengerti tentang sunnah daripada Hammad bin Zaid."
Adz-Dzahabi berkata tentangnya, "Aku tidak mengetahui adanya pertentangan di antara ulama bahwa Hammad bin Zaid termasuk Imam Salaf, dan yang paling kuat hafalannya."
Beliau meninggal tahun 179 H pada usia 81 tahun.
(Lihat Siyar A'lam An-Nubala 7/116)


Ahlussunnah wal Jama'ah telah sepakat mendahulukan Utsman bin Affan dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu 'anhum dalam hal keutamaan dan kekhilafahan. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata, "Akan tetapi, telah tetap keyakinan Ahlussunnah untuk mengedepankan Utsman kemudian Ali." (Al-Aqidah Al-Wasitiyyah hal.117)


Faedah Pagi, smg bermanfaat
Disajikan oleh Tim Warisan Salaf

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://telegram.me/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi