Ketika Sebuah Masjid Memiliki Dua Jalan, Mana Yang Dipilih?

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Ketika Sebuah Masjid Memiliki Dua Jalan, Mana Yang Dipilih?
<Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah berkata:


"Jika sebuah masjid memiliki dua jalan. Jalan yang pertama dekat dan jalan yang kedua jauh. Mana yang utama untuknya, pergi melalui jalan yang jauh atau dekat?

Jawabannya: ia pertimbangkan mashlahatnya. Karena bisa jadi ada yang mengatakan: kepergiannya melalui jalan yang dekat itu lebih baik sehingga ia segera sampai ke masjid lalu ia tinggal di tempat shalatnya dalam keadaan para malaikat bershalawat atasnya, dengan mengatakan: Ya Allah berilah shalawat kepadanya, Ya Allah ampunilah ia, Ya Allah sayangilah ia."

At Ta'liq 'Ala Shahih Muslim 2/68

http://t.me/ukhwh

فائدة مهمة ...

قال الشيخ العثيمين رحمه الله:

اذا كان للمسجد طريقان، أحدهما مختصر، والثاني طويل، فهل الأفضل له أن يذهب من الطريق الطويل أو القصير؟

والجواب أن يراعى في ذلك المصلحة، لأنه ربما يقال : ذهابه مع القريب أحسن حتى يصل إلى المسجد ويبقى في مصلاه تصلي عليه الملائكة، تقول : اللهم صل عليه، اللهم اغفر له، اللهم ارحمه.

التعليق على صحيح مسلم المجلد الثاني ص ٦٨

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi