Pelajaran Kelima : Alhadzfu (الحذف)

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Pelajaran Kelima : Alhadzfu (الحذف)
<Yang dimaksud dengan alhadzfu adalah menghilangkan atau menghapus sebagian huruf pada sebuah kalimat karena tujuan pentashrifannya.

Contoh :
Pada kalimat (وَعَدَ), adalah fi'il madhi yang mudhoriknya adalah (يَوعِدُ), apabila terdapat padanya wawu (الواو) yang bersukun antara ya' (الياء) yang berharokat fathah dan kasroh lazimah, maka dihilangkan ya' (الياء) karena berat dalam pengucapan (للثقل), maka jadilah kalimat tersebut (يَعِدُ).

Contoh lain :
Fi'il (أكرَمَ), mudhoriknya apabila diawali dengan hamzah mutakalim yakni (أؤكْرِمُ), lalu mengucapkannya seperti mengucapkan (أدَحرِجُ), maka terhasilkanlah padanya berat pengucapan karena bertemunya dua hamzah pada awal kalimat, kemudian karena hal itulah dihapus hamzah yang kedua, jadilah fi'il tersebut (أكْرِمُ).

Wallohu'alam

Sumber : Kitab Fathul Wadud Allathif Bijam'i Wat Tartibi Ahammi Duruusit Tashrif Amadkhol Ilaa Ilmish Shorfi Syaikh Abu Abdirrohman Fatah Ibn Abdilhafidz Ibn Isma'il Alqodasii, halaman : 14.

https://telegram.me/BELAJAR_SHOROF.
Alfaqir ilaa rohmati Robbihi Abdulloh Kisworo

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi