Akhlak Kepada Allah Dan Hamba-hamba Allah

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Akhlak Kepada Allah Dan Hamba-hamba Allah
<Asy Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata,

قـــــال الشـــيــخ ابـــن عــثــيمــين :

حسن الخلق أي حسن الخلق مع الله ، وحسن الخلق مع عباد الله .



"Akhlak yang baik yaitu akhlak yang baik kepada Allah dan akhlak yang baik kepada hamba-hamba Allah.

فأما حسن الخلق مع الله فأن تتلقى أحكامه الشرعية بالرضا والتسليم ، وأن لا يكون في نفسك حرج منها ولا تضيق بها ذرعا ، فإذا أمرك الله بالصلاة والزكاة والصيام وغيرها فإنك تقابل هذا بصدر منشرح.

Akhlak yang baik kepada Allah yaitu engkau menerima hukum dan perintah Allah dengan ridho dan tunduk. Jiwamu tidak terasa berat dan dadamu tidak terasa sempit dengan hukum dan perintah Allah tersebut. Apabila Allah memerintahkanmu sholat, zakat, puasa atau perintah yang lainnya maka engkau menerimanya dengan dada yang lapang.

أما حسن الخلق مع الناس فقد سبق أنه : كف الأذى والصبر على الأذى، وطلاقة الوجه وغيره.

Adapun akhlak yang baik kepada manusia -telah berlalu penjelasannya- diantaranya ialah tidak mengganggu orang lain, sabar dalam menghadapi gangguan orang lain, muka berseri ketika bertemu dengan orang lain dan yang lainnya.

وعلى الرغم من حُسن خلقه - صلى الله عليه وسلم - حيث كان يدعو الله بأن يحسّن أخلاقه ويتعوذ من سوء الأخلاق عليه الصلاة والسلام .

Meskipun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam memiliki akhlak yang baik, beliau tetap berdoa kepada Allah agar Allah selalu memperbaiki akhlak-akhlaknya dan berlindung dari akhlak yang buruk.

عن عائشة رضي الله عنها قالت "كان صلى الله عليه وسلم يقول اللهم كما أحسنت خلقي فأحسن خلقي" - رواه أحمد ورواته ثقات.

Aisyah radhiyallahu 'anha meriwayatkan bahwasanya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam berdoa,

"Ya Allah sebagaimana Engkau telah membaguskan penciptaanku, maka baguskanlah akhlakku." (HR. Ahmad dan para perawinya terpercaya).

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال كان صلى الله عليه وسلم يدعو فيقول "اللهم إني أعوذ بك من الشقاق والنفاق وسوء الأخلاق" - رواه أبو داود والنسائي.

شرح الحديث السابع والعشرين في الأربعين النووية.

Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwasanya Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam berdoa,

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari berdebat secara batil, kemunafikan dan akhlak yang buruk." (HR. Abu Dawud dan An Nasai).

Syarah hadits ke-27 dari kitab Al Arba'in An Nawawiyyah.

Sumber : https://t.me/ekhlakelmeslim



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi