Jangan Jadikan Perselisihan Fikih Sebagai Sumber Perpecahan!

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Jangan Jadikan Perselisihan Fikih Sebagai Sumber Perpecahan!
<Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafizhahullah berkata :

Adapun perbedaan pendapat dalam masalah fiqih yang sifatnya ijtihad, sedangkan dalil yang ada memberi peluang untuk ijtihad, maka hal ini tidak boleh memberi pengaruh ataupun mengakibatkan perpecahan dan permusuhan, karena ijtihad yang seperti ini diperbolehkan.

Adapun perbedaan dalam masalah aqidah, tidaklah diperbolehkan, tidak pula bisa bersepakat orang-orang yang berselisih padanya selamanya. Orang-orang yang berbeda aqidahnya tidak akan mungkin bisa bersatu, meskipun seseorang berupaya keras untuk menyatukannya, karena ia ingin menyatukan perkara yang saling berlawanan. Tidak mungkin ia menyatukan perkara yang saling berlawanan dan bertentangan.

Itthaful Qari bit Ta'liq 'ala Syarhis Sunnah Lil Barbahari (9)

قال الشيخ صالح بن فوزان الفوزان حفظه الله :

أما الاختلاف في المسائل الفقهية الاجتهادية التي يحتملها الدليل، فهذا لا يؤثر ولا يحدث فرقة ولا عداوة، لأن هذا اجتهاد سائغ، لكن اختلاف في العقيدة غير سائغ، ولا يجتمع عليه مختلفون أبدا. لا يجتمع المختلفون في العقيدة مهما حاول من حاول، لأنه يريد أن يجمع المتضادات، ولا يمكن أن يجمع بين المتضادات والمتناقضات

اتحاف القاري بالتعليق على شرح السنة للبربهاري (٩)



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi