Teruslah Minta Kepada Allah Keteguhan Di Atas Agama!

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Teruslah Minta Kepada Allah Keteguhan Di Atas Agama!
<Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafizhahullah berkata :

Hendaknya seseorang selalu meminta kepada Allah keteguhan di atas agama, walaupun ia telah mengetahui kebenaran dan mengamalkannya serta meyakininya.

Janganlah dia merasa aman dari penyimpangan dan fitnah, karena fitnah bisa saja datang dan membinasakannya, sehingga ia tersesat dari jalan Allah.

Oleh karena itu, beliau ﷺَ berdoa :

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu!


Al-Khalil Ibrahim 'alaihissalam berdoa :

وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَام

Dan jauhkanlah diriku dan keturunanku dari menyembah berhala.

Beliau khawatir akan dirinya. Demikianlah, setiap kali keimanan seseorang kepada Allah menguat maka ia akan khawatir, tidak merasa aman dari fitnah, dan tidak menganggap suci dirinya. Bahkan ia terus dan selalu meminta kepada Allah keteguhan dan husnul khatimah, selalu khawatir dari su'ul khatimah, fitnah, penyimpanan dan kesesatan, serta khawatir dari para penyeru kejelekan.

Ittihaful Qari bit Ta'liq 'ala Syarhis Sunnah lil Barbahari (15)



قال الشيخ صالح بن فوزان الفوزان حفظه الله :

الإنسان يسأل الله الثبات، ولو كان يعرف الحق، ويعمل به، ويعتقده، فلا يأمن أن يزيغ وأن يفتن، بأن تأتي فتن وتجتاحه، ويضل عن سبيل الله، ولهذا قال ﷺَ : «يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك»


قال الخليل -عليه الصلاة والسلام- في دعائه : {وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَام}؛ خاف على نفسه، وهكذا كلما قوي إيمان الإنسان بالله فإنه يخاف ولا يأمن الفتن، ولا يزكي نفسه، بل يسأل الله الثبات وحسن الخاتمة دائما وأبدا، ويخاف من سوء الخاتمة، ويخاف من الفتن، ويخاف من الزيغ والضلال، ومن دعاة السوء.

اتحاف القاري بالتعليق على شرح السنة للبربهاري (١٥)


WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi