Tidaklah Jamaah Tegak Kecuali Dengan Dua Perkara

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Tidaklah Jamaah Tegak Kecuali Dengan Dua Perkara
<Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafizhahullah berkata :

Maka, jamaah tidaklah tegak kecuali dengan dua perkara :

Perkara pertama :
Manhaj jamaah harus berdasarkan Al-Kitab dan As-Sunnah. Bukan berdasarkan manhaj si fulan atau ucapan si fulan, akan tetapi harus berdasarkan Al-Kitab dan As-Sunnah.

Perkara kedua :
Jamaah harus dipimpin seorang pemimpin muslim yang mengendalikannya dan menjadi rujukan. Tak mungkin jamaah bersatu tanpa pemimpin. Harus ada pemimpin yang menjadi rujukan.

Oleh karenanya, beliau ﷺَ bersabda kepada Hudzaifah, "Pegang teguh jamaah kaum muslimin dan pemimpin mereka!" Hudzaifah bertanya, "Jika tidak ada jamaah dan tidak pula pemimpin?" Beliau ﷺَ menjawab, "Jauhilah kelompok-kelompok itu!"

Beliau ﷺَ memerintahkannya untuk meninggalkan segala macam kelompok tersebut. Maka, dia harus bersama jamaah kaum muslimin. Tidak boleh bersama jamaah-jamaah lain selain jamaah kaum muslimin. Bahkan, tetap bertahan walau sendiri di atas al-haq sampai maut menjemput dalam keadaan ia kokoh di atasnya.

Ithaful Qari bit Ta'liq 'ala Syarhis Sunnah lil Barbahari (19)

قال الشيخ صالح بن فوزان الفوزان حفظه الله :

فالجماعة لا تكون إلا بأمرين :
الأمر الأول : أن يكون منهجها الكتاب والسنة، ليس منهجها مذهب فلان ولا قول فلان، بل الكتاب والسنة.
الأمر الثاني : أن يكون لها إمام مسلم يقودها، وترجع إليه، لا يكون أن تجتمع جماعة بغير إمام، لا بد من إمام يكون مرجعا لها، ولهذا قال ﷺَ لحذيفة : «تلزم جماعة المسلمين وإمامهم». قال : فإن لم تكن لهم جماعة ولا إمام؟ قال : «تعتزل تلك الفرق» أمره أن يعتزل تلك الفرق فلا يكون إلا مع جماعة المسلمين، ولا يكون مع جماعات غير جماعة المسلمين، بل يبقى وحده على الحق إلى أن يأتيه الموت وهو على ذلك.

إتحاف القاري بالتعليق على شرح السنة للبربهاري (١٩)



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi