Timbanglah Ucapan Siapapun Dengan Al-kitab Dan As-sunnah !

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Timbanglah Ucapan Siapapun Dengan Al-kitab Dan As-sunnah !
<Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata :

,*Banyak dari kalangan manusia menimbang berbagai ucapan dengan melihat orang yang mengucapkannya.**

Jika ia meyakini orang itu mulia, maka ucapannya akan diterima, meskipun ucapan tersebut batil serta menyelisihi Al-Kitab dan As-Sunnah.

Bahkan ketika itu, ia tidak peduli dengan orang yang membantah ucapan itu dengan Al-Kitab dan As-Sunnah. Bahkan ia menganggap orang itu seakan-akan maksum (terbebas dari kesalahan).

Adapun jika ia tidak meyakini orang itu mulia, maka ia akan menolak ucapannya, walaupun benar.

Maka, ia menjadikan pemilik ucapan sebagai tolak ukur dalam menerima dan menolak ucapan tersebut, tanpa timbangan Al-Kitab dan As-Sunnah.

Jami'ul Masa-il Al-Majmu'ah As-Sabi'ah (463)

قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله :

وكثير من الناس يزن الأقوال بالرجال، فإذا اعتقد في الرجل أنه معظم قبل أقواله وإن كانت باطلة مخالفة للكتاب والسنة، بل لا يصغي حينئذ إلى من يرد ذلك القول بالكتاب والسنة. بل يجعل صاحبه كأنه معصوم. وإذا ما اعتقد في الرجل أنه غير معظم رد أقواله وإن كانت حقا، فيجعل قائل القول سببا للقبول والرد من غير وزن بالكتاب والسنة.

جامع المسائل المجموعة السابعة (٤٦٣)



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi