SEGERALAH BERTAUBAT KEPADA ALLAH, JANGAN KAU TUNDA !

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam SEGERALAH BERTAUBAT KEPADA ALLAH, JANGAN KAU TUNDA !
<Hadits
عَنْ أَبِي مُوسَى عَنْ النَّبِيِّ ﷺَ قَالَ ؛ «إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ النَّهَارِ وَيَبْسُطُ يَدَهُ بِالنَّهَارِ لِيَتُوبَ مُسِيءُ اللَّيْلِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا» رواه مسلم.

Dari Abu Musa Al-Asy'ari radhiyallahu 'anhu, dari Nabi ﷺَ, beliau bersabda,

"Sesungguhnya Allah 'azza wa jalla membentangkan tangan-Nya pada malam hari, untuk menerima taubat pelaku dosa di siang hari dan demikian pula Allah 'azza wa jalla membentangkan tangan-Nya pada siang hari, untuk menerima taubat pelaku dosa di malam hari, hingga matahari terbit dari arah tenggelamnya." (HR. Muslim)

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin rahimahullah berkata :

Hadits ini memiliki faidah bahwa Allah subhanahu wa ta'ala menerima taubat seorang hamba walaupun taubatnya diakhirkan. Akan tetapi, bersegera dalam bertaubat itulah yang wajib. Karena manusia tidak mengetahui, kadang maut menjemput dengan tiba-tiba, akhirnya ia mati sebelum bertaubat. Maka yang wajib adalah segera bertaubat. Walaupun demikian, seandainya taubat diakhirkan maka pasti Allah tetap menerima taubat seorang hamba.

Syarh Riyadhush Shalihin (1/105)

قال الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله :
وفي هذا الحديث: أن الله -سبحانه وتعالي- يقبل توبة العبد وإن تأخرت، لكن المبادرة بالتوبة هي الواجب؛ لأن الإنسان لا يدري، فقد يفجأه الموت فيموت قبل أن يتوب. فالواجب المبادرة، لكن مع ذلك، لو تأخرت تاب الله على العبد.

شرح رياض الصالحين (١.٥/١)



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi