Tarbiyah Allah Terhadap Para Hamba

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Tarbiyah Allah Terhadap Para Hamba
<Asy-Syaikh As-Si'di rahimahullah berkata :

Tarbiyah (pemeliharaan) Allah ta'ala terhadap makluk-Nya ada dua macam, yaitu secara umum dan secara khusus.

Adapun tarbiyah secara umum adalah Allah menciptakan para makhluk (dengan bentuk yang bagus lagi sempurna), memberikan rizki, dan membimbing mereka untuk mendapatkan kemaslahatan yang berguna bagi keberlangsungan hidup mereka di dunia.

Adapun secara khusus adalah tarbiyah Allah untuk para wali-Nya, membimbing mereka dengan keimanan, memberi taufik dan menyempurnakan keimanan mereka, serta mencegah segala hal yang bisa menyelewengkan mereka dan rintangan yang menjadi penghalang antara diri-diri mereka dan Allah. Hakikat tarbiyah ini adalah tarbiyah taufik kepada setiap kebaikan dan tarbiyah penjagaan dari segala kejelekan.

Taisir Al-Karim Ar-Rahman (1:1)

قال الشيخ السعدي رحمه الله :

وتربيته تعالى لخلقه نوعان: عامة وخاصة.

فالعامة: هي خلقه للمخلوقين، ورزقهم، وهدايتهم لما فيه مصالحهم، التي فيها بقاؤهم في الدنيا.

والخاصة: تربيته لأوليائه، فيربيهم بالإيمان، ويوفقهم له، ويكمله لهم، ويدفع عنهم الصوارف، والعوائق الحائلة بينهم وبينه، وحقيقتها: تربية التوفيق لكل خير، والعصمة عن كل شر.

تيسير الكريم الرحمن (١:١)



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi