Teladan Al Imam Asy Syafi'i Rahimahullah Dalam Bergaul Dengan Manusia

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Teladan Al Imam Asy Syafi'i Rahimahullah Dalam Bergaul Dengan Manusia
<Al Imam Asy Syafi'i rahimahullah
قال الإمام الشافعي رحمه الله تعالى :

لَمَّا عَفَوْتُ وَلَمْ أحْقِدْ عَلَى أحَدٍ
أرحتُ نفسي مِنْ همَّ العَدَاواتِ

Al Imam Asy Syafi'i rahimahullah berkata,

"Tatkala aku memaafkan dan tidak mendengki kepada siapa pun,

Aku bisa mengistirahatkan jiwaku dari kegelisahan permusuhan.

ِإنِّي أُحَيي عَدُوِّي عنْدَ رُؤْيَتِه
ِلأدفعَ الشَّرَّ عنّي بالتحيّاتِ

Aku ucapkan salam kepada lawanku tatkala aku melihatnya,

Tuk menolak kejelekan dariku dengan ucapan salam.

ِوأُظْهِرُ الْبِشرَ لِلإِنْسَانِ أُبْغِضهُ
كأنما قدْ حَشى قَلْبي مَحَبَّاتِ

Aku tampakkan wajah berseri kepada orang yang aku benci,

Seolah dia telah melingkupi hatiku dengan kecintaan.

النَّاسُ داءٌ وَدَواءُ النَّاسِ قُرْبُهمُ
وفي اعتزالهمُ قطعُ المودَّاتِ.

أدب الدنيا والدين (صـ١٨٢).

Manusia adalah penyakit dan obatnya adalah mendekati mereka,

Mengasingkan diri dari mereka adalah memutus kasih sayang yang ada pada mereka."

Adabud Dunya wad Diin: 182.

https://t.me/chari3asamha



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi