Sunan An-Nasa`i Hadits Nomor 3437 (Ucapan Jika Dimaksudkan Untuk Makna Yang Dikandung Ucapan Tersebut)

٢٤ – بَابُ الۡكَلَامِ إِذَا قُصِدَ بِهِ فِيمَا يَحۡتَمِلُ مَعۡنَاهُ

24. Bab ucapan jika dimaksudkan untuk makna yang dikandung ucapan tersebut

٣٤٣٧ – (صحيح) أَخۡبَرَنَا عَمۡرُو بۡنُ مَنۡصُورٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا مَالِكٌ. وَالۡحَارِثُ بۡنُ مِسۡكِينٍ قِرَاءَةً عَلَيۡهِ، وَأَنَا أَسۡمَعُ عَنِ ابۡنِ الۡقَاسِمِ قَالَ أَخۡبَرَنِي مَالِكٌ عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ عَنۡ عَلۡقَمَةَ بۡنِ وَقَّاصٍ عَنۡ عُمَرَ بۡنِ الۡخَطَّابِ -رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ- وَفِي حَدِيثِ الۡحَارِثِ أَنَّهُ سَمِعَ عُمَرَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنَّمَا الۡأَعۡمَالُ بِالنِّيَّةِ، وَإِنَّمَا لِامۡرِىءٍ مَا نَوَى، فَمَنۡ كَانَتۡ هِجۡرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ؛ فَهِجۡرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ، وَمَنۡ كَانَتۡ هِجۡرَتُهُ لِدُنۡيَا يُصِيبُهَا أَوۡ امۡرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا؛ فَهِجۡرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيۡهِ). [(ابن ماجه) (٤٢٢٧): ق].
3437. 'Amr bin Manshur telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: 'Abdullah bin Maslamah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Malik menceritakan kepada kami. Al-Harits bin Miskin membacakan riwayat dan aku mendengar, dari Ibnul Qasim. Beliau berkata: Malik mengabarkan kepadaku dari Yahya bin Sa'id dari Muhammad bin Ibrahim dari 'Alqamah bin Waqqash dari 'Umar ibnul Khaththab radhiyallahu 'anhu dan di dalam hadits Al-Harits bahwa 'Alqamah mendengar 'Umar mengatakan: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Amalan itu hanyalah sesuai dengan niatnya. Dan seseorang hanya mendapatkan apa yang telah ia niatkan. Maka, barangsiapa hijrahnya kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya kepada Allah dan RasulNya. Dan barangsiapa hijrahnya kepada dunia yang ingin dia gapai atau wanita yang hendak ia nikahi, maka hijrahnya kepada apa yang ia hijrah padanya.”


dari ismailibnuisa.blogspot.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi