Apakah ada syarat khusus batu yang digunakan untuk istinja

Tanya:
Ustadz, kalau beristinja dengan batu, ada tidak, kriteria batu seperti apa? Apa ada kriteria khusus, atau sembarangan saja?

Jawab:
Oleh Al Ustadz Abdul Haq Balikpapan hafizhahullah

Yang jelas, batunya tidak ada unsur kemuliaan, bukan yang ada tulisan ilmunya misalkan, atau lafdzul jalalah, atau yang semisalnya. Yang jelas secara umum batu, dengan syarat tentunya batunya tersebut bisa membersihkan. Karena ada sebagian jenis batu yang seperti kaca, licin, termasuk batu akik. Batu akik licin, wallahu ta'ala a'lam bishawab.

Secara umum dibolehkan, dan yang disunnahkan tiga batu, boleh lebih. Tapi kalau misalkan batunya gede, sebagian ulama membolehkan apabila sisinya banyak, untuk digunakan secara bergantian, tetapi jangan berulang! Jangan berulang! Sisinya banyak misalkan, tidak mengapa saking gedenya. Atau sekarang yang lebih mudah, banyak tisu.

Kalau batu akik termasuk batu mulia tidak ya? Berlian misalkan. Tidak mau istijmar kecuali dengan batu akik, ya berlebihan. Harus beli dulu, harganya berapa? Satu juta, ya ekstrim.

Download Audio disini

www.thalabilmusyari.web.id

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi