Anjuran Memperbanyak Amal Jariyah

MARI PERBANYAK AMAL JARIYAH
Hidup ini begitu singkat, sementara kemampuan untuk meningkatkan amal saleh sungguh terbatas. Namun Allah  َّعَزَّ وَجَل yang Maha luas rahmat-Nya, membuka pintu amal jariyah bagi para hamba-Nya, agar kita sebagai hamba-Nya dapat meraih keutamaan yang sebesar- besarnya di sisi-Nya. Membangun masjid, menyebar ilmu, mewakafkan mushaf, mendidik anak saleh, dan yang lainnya, adalah merupakan bagian dari amal jariyah yang pahalanya terus dinikmati oleh seorang hamba, meskipun ia telah meninggalkan dunia ini.
Telah diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abu Hurairah رَضِيَ اللهُ عَنُْه bahwa Rasulullah  َصَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى آلِهِ وَسَلَّم bersabda:
" إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ: إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ "
"Jika seorang manusia telah meninggal, maka telah terputus amalannya, kecuali dalam tiga perkara: sedekah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang senantiasa mendoakan kebaikan untuk orang tuanya."

Sumber telegram.me/Askarybinjamal
Pada 15.11.2015

Postingan terkait: