Hadits Tentang Iman terhadap Takdir

HADITS tentang IMAN terhadap TAQDIR
=====================

عَنْ ابْنِ الدَّيْلَمِيِّ قَالَ لَقِيتُ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ فَقُلْتُ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ إِنَّهُ قَدْ وَقَعَ فِي نَفْسِي شَيْءٌ مِنْ هَذَا الْقَدَرِ فَحَدِّثْنِي بِشَيْءٍ لَعَلَّهُ يَذْهَبُ مِنْ قَلْبِي قَالَ لَوْ أَنَّ اللَّهَ عَذَّبَ أَهْلَ سَمَوَاتِهِ وَأَهْلَ أَرْضِهِ لَعَذَّبَهُمْ وَهُوَ غَيْرُ ظَالِمٍ لَهُمْ وَلَوْ رَحِمَهُمْ كَانَتْ رَحْمَتُهُ لَهُمْ خَيْرًا مِنْ أَعْمَالِهِمْ وَلَوْ أَنْفَقْتَ جَبَلَ أُحُدٍ ذَهَبًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مَا قَبِلَهُ اللَّهُ مِنْكَ حَتَّى تُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ وَتَعْلَمَ أَنَّ مَا أَصَابَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَكَ وَمَا أَخْطَأَكَ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيبَكَ وَلَوْ مِتَّ عَلَى غَيْرِ ذَلِكَ لَدَخَلْتَ النَّارَ قَالَ فَأَتَيْتُ حُذَيْفَةَ فَقَالَ لِي مِثْلَ ذَلِكَ وَأَتَيْتُ ابْنَ مَسْعُودٍ فَقَالَ لِي مِثْلَ ذَلِكَ وَأَتَيْتُ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ فَحَدَّثَنِي عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَ ذَلِكَ

♦️ Dari Ibnu ad-Dailamy beliau berkata: Aku berjumpa dengan Ubay bin Ka’ab (Sahabat Nabi), aku berkata: Wahai Abul Mundzir, sesungguhnya telah terbersit dalam jiwaku sesuatu dari (masalah) taqdir. Sampaikanlah sesuatu kepadaku semoga hal itu bisa menghilangkan (permasalahan) yang ada dalam hatiku.

💫 Beliau berkata: Kalau seandainya Allah (berkehendak) mengadzab penduduk langit dan penduduk bumi, Allah mengadzab mereka dalam keadaan Dia tidak mendzhalimi mereka. Kalau seandainya Allah merahmati mereka, maka sesungguhnya rahmat Allah lebih baik dibandingkan perbuatan mereka.

💥 Kalau seandainya engkau berinfaq emas sebesar gunung Uhud di jalan Allah, tidak akan Allah terima hingga engkau beriman dengan taqdir, dan engkau mengetahui bahwasanya apa yang menimpamu tidak akan luput darimu, dan apa yang luput darimu tidak akan menimpamu.

☝️ Kalau engkau meninggal tidak dengan (akidah) ini, niscaya engkau masuk neraka.

🍂 Ibnu ad-Dailamy kemudian berkata: Aku kemudian mendatangi Hudzaifah (Sahabat Nabi) ia ternyata juga berkata seperti itu. Aku mendatangi Ibnu Mas’ud (Sahabat Nabi), ia juga berkata seperti itu. Aku mendatangi Zaid bin Tsabit (Sahabat Nabi), kemudian ia menyampaikan hadits dari Nabi seperti itu.

🎋 (H.R Ahmad no 20607)

~~~~~~~~~~~~~~~~

📒 Dikutip dari Buku "Akidah Imam Al-Muzani (Murid Imam Asy-Syafii)"

▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
✍ http://telegram.me/alistiqomah
Pada 24.11.2015


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi