Bacaan Shalawat (Memahami Bacaan Shalat-24)

Upaya untuk Memahami Makna Bacaan dalam Sholat

Bacaan Sholawat kepada Nabi :

1⃣. Bacaan sholawat yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh  Ahmad dan at-Thohaawy dengan sanad yang shahih :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَ عَلَى أَزْوَاجِهِ وَ ذُرِّيَتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ وَ باَرِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى أَلِ بَيْتِهِ  وَ عَلَى أَزْوَاجِهِ وَ ذُرِّيَتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

🍃 Yaa Allah, bersholawatlah kepada Nabi Muhammad, keluarganya, istri-istri, dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah bersholawat kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya engkau Maha terpuji lagi Maha Agung. Berkahilah Muhammad, keluarga, istri-istri, dan keturunannya sebagaimana Engkau telah memberkahi keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

2⃣. Bacaan yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari, Muslim, al-Humaydiy, dan Ibnu Mandah :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ , اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

🍃 Ya Allah, bersholawatlah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah bersholawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Terpuji lagi Maha Agung. Yaa Allah berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Terpuji lagi Maha Agung.

3⃣. Bacaan yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, AnNasaa’i, dan Abu Ya’la :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ , وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
 
🍃 Ya Allah, bersholawatlah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah bersholawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Terpuji lagi Maha Agung. Dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Terpuji lagi Maha Agung “

4⃣. Bacaan yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu ‘Awaanah, Ibnu Abi Syaibah, Abu Dawud, dan dishahihkan oleh al-Haakim :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ فِي اْلعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
 
🍃 Yaa Allah, bersholawatlah kepada Muhammad, Nabi yang ummi, dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah bersholawat kepada keluarga Ibrahim dan berkahilah Muhammad Nabi yang ummi, dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberkahi keluarga Ibrahim di seluruh alam. Sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Terpuji lagi Maha Agung.

5⃣. Bacaan yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh AlBukhari, AnNasaa’i, At-Thohaawy, Ahmad, dan Isma’il al-Qoodhy :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَ رَسُوْلِكَ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَ رَسُوْلِكَ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ

🍃 Yaa Allah, bersholawatlah kepada Muhammad, hamba dan RasulMu, sebagaimana Engkau bersholawat kepada keluarga Ibrahim, dan berkahilah Muhammad, hamba dan RasulMu, dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau berkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim.

6⃣. Bacaan yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh AlBukhari dan Muslim :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى أَزْوَاجِهِ وَ ذُرِّيَتِهِ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى أَزْوَاجِهِ وَ ذُرِّيَتِهِ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

🍃 Yaa Allah, bersholawatlah kepada Muhammad, dan kepada istri-istri serta keturunannya sebagaimana Engkau bersholawat kepada keluarga Ibrahim dan berkahilah Muhammad dan istri-istri serta keturunannya, sebagaimana Engkau berkahi keluarga Ibrahim sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

7⃣. Bacaan yang disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-Thohaawy dan disebutkan oleh Abu Sa’id Ibnul A’rooby :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ  كَمَا صَلَّيْتَ وَ بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
 
🍃 Yaa Allah, bersholawatlah kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, dan berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana engkau bersholawat dan memberkahi Ibrahim dan keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.

☀️ Penjelasan :

🌙 Para Ulama berbeda pendapat tentang kewajiban membaca sholawat dalam sholat.

✅ Beberapa yang berpendapat wajib adalah : Umar bin al-Khottob dan anaknya, Abdullah bin Umar, Ibnu Mas’ud, Jabir bin Zaid, Asy-Sya’bi, Muhammad bin Ka’ab al-Qurodzhy, Abu Ja’far al-Baqir, al-Haady, al-Qoosim, Asy-Syafi’i, Ahmad bin Hanbal, Ishaq, Ibnul Mawadz, al-Qodhy Abu Bakr Ibnul ‘Aroby.

🔰 Di dalam kitab al-Umm Imam asy-Syafi’i menyatakan : “ Bacaan sholawat pada tasyahhud awal dan tasyahhud kedua sama, tidak ada perbedaannya. Yang saya maksud dengan tasyahhud di sini adalah bacaan tasyahhud dan sholawat Nabi. Tasyahhud yang tidak dibaca sholawat di dalamnya tidaklah sempurna, sebaliknya tasyahhud yang disertai sholawat adalah sempurna”.

✔️ Sedangkan yang berpendapat tidak wajib adalah : Malik, Abu Hanifah, ats-Tsaury, al-‘Auzai, an-Nashir, at-Thobary dan at-Thohawy (sebagaimana disebutkan dalam Nailul Authar karya Imam Asy-Syaukani).

♻️ Pihak yang berpendapat wajib berdalil dengan hadits AbdurRahmaan bin Abi Layla yang diriwayatkan oleh Ahmad dan AnNasaa’i.

🔷 Pada hadits itu Sahabat Nabi bertanya : “ Bagaimana kami mengucapkan sholawat kepada Anda ?” Rasul menjawab : “Ucapkanlah :….(bacaan sholawat nomor 3).

🔶 Sedangkan pihak yang menyatakan tidak wajibnya berlandaskan pada hadits dari Ibnu Mas’ud yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, Ad-Daarimi, dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban, yaitu ketika Rasulullah selesai mengajari bacaan tasyahhud kepada Ibnu Mas’ud, beliau menyatakan :

إِذَا فَعَلْتَ هَذَا فَقَدْ قَضَيْتَ صَلاَتَكَ

“Apabila engkau mengerjakannya, sungguh engkau telah menunaikan sholatmu”

💠 Para Ulama menjelaskan bahwa dalam bacaan sholawat dalam sholat harus menggunakan lafadz – lafadz sholawat yang telah tersebut dalam hadits-hadits shohih di atas.

~~~~~~~~~~~~~~~~

📙 Dikutip dari Buku "Memahami Makna Bacaan Sholat"
(Sebuah Upaya Menikmati Indahnya Dialog Suci dengan Ilahi).

▶️ Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
✍ http://telegram.me/alistiqomah
Pada 25.12.2015


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi