Beberapa Hukum Yang Berkaitan Dengan Puasa 6 Hari Di Bulan Syawwal

BEBERAPA HUKUM YANG BERKAITAN DENGAN PUASA 6 HARI DI BULAN SYAWWAL
1.Barangsiapa yang memiliki tanggungan qodho' puasa romadhon maka dia memulai dengan melakukan puasa qodho ' kemudian berpuasa 6 hari syawwal.
Dikarenakan nabi صلى اللّٰه عليه وسلم di dalam haditsnya menjadikan puasa 6 hari syawwal mengikuti  puasa romadhon.
Dan barangsiapa memiliki tanggungan qodho' puasa romadhon maka ia tidaklah dikatakan berpuasa romadhon namun dikatakan bahwa ia telah berpuasa sebagian romadhon.
2.Puasa 6 hari syawwal sah baik dilakukan secara terpisah maupun berurutan; dikarenakan nabi صلى اللّٰه عليه وسلم tidak memerintahkan untuk mengerjakan puasa tersebut secara berurutan.
3.Barangsiapa yang melakukan puasa 6 hari syawwal sekali maka tidak harus baginya melakukannya setiap tahun.
4.Barangsiapa yang terluput baginya melakukan puasa 6 hari di bulan syawwal maka tidak disyariatkan mengqodho'nya di bulan yang lain; dikarenakan puasa tersebut merupakan sunnah yang waktunya syawwal, apabila syawwal berlalu maka berlalulah waktunya.
5.Tidak disyariatkan  melakukan puasa 6 hari syawwal secara berjama'ah dimana sekelompok manusia atau suatu keluarga atau jamaah suatu masjid atau selain mereka bersepakat untuk melakukan puasa 6 hari syawwal secara bersama-sama; dikarenakan dilakukannya puasa tersebut secara berjamaah tidak ada dalilnya dalam syariat.
Catatan penting:
1. Berkata penerjemah :Kemudian penulis (syaikh Ali al haddady) menyebutkan fatwa syaikh ibnu 'utsaimin dan syaikh sholih al fauzan tentang bid'ahnya puasa yang dilakukan dengan cara berjamaah yang insyaAllah akan kita terjemahkan fatwa mereka pada artikel-artikel berikutnya.
2. Peletakan poin-poin dari penerjemah bukan dari penulis.
Dinukil dari khutbah tertulis syaikh Ali bin Yahya al Haddady حفظه اللّٰه yang berjudul :
( الحث على صيام الست و الثبات بعد رمضان ).

telegram.me/dinulqoyyim
14/07/2016
www.haddady.com
http://cutt.us/uf1Xq
ومن الأحكام المتعلقة بصيام الست أن من كان عليه قضاء من رمضان فإنه يبدأ بالقضاء أولاً ثم يصوم الست لأن الحديث جعل صيامها مرتباً على صيام رمضان ومن كان عليه قضاء من رمضان لم يكن صام رمضان إنما صام بعضه.
ومنها أنه يصح صومها متفرقة ومتتابعة لأن النبي -ﷺ- لم يأمر بالتتابع فيها.
ومن أحكامها أن من صامها مرة لا يلزمه أن يصومها كل عام.
ومن فاته صومها في شوال لم يشرع له قضاؤها في شهر آخر لأنها سنة محلها شوال فإذا فات شوال فات محلها.
ومما ينبغي التنبه له أنه لا يشرع الاتفاق بين مجموعة من الناس من الأهل أو الأصدقاء أو جماعة المسجد أو غيرهم أن يصوموها سوياً لأن هذا الاتفاق والاجتماع لم يرد به الشرع قال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله عن الصوم الجماعي في غير رمضان : ” أرى أنَّه ليس من السُّنة، وأنَّه نوعٌ من البدعة إذا اتفقوا على ذلك لأنَّنا إذا كنَّا ننكر التَّكبير الجماعي أو الذِّكر الجماعي -مثلاً- فهذا أيضًا كذلك؛ لأنَّ الصوم عبادة، فلا ينبغي أن يكون جماعيًا. لكن من غير اتفاق لا بأس مثل أن يُوافق أنَّنا صُمنا يوم الإثنين؛ فقال بعضنا لبعض: من كان صائمًا فالفطور عند فلان، واتفقنا أنْ نُفطر عنده -مثلاً-؛ هذا لا بأس به لأنه أمرٌ عارض، وليس اجتماعًا على عبادة. والاجتماع على العبادات والانفراد بها من الأمور المشروعة ولهذا لولا أنَّ الله شرع لنا أن نُصلِّي جماعة لكانت صلاة الجماعة بدعة؛ لكن شرعها الله لنا. كذلك الصَّوم جماعة، والاتِّفاق عليه مسبقًا نوعٌ من البدعة” .
وقال الشيخ صالح الفوزان حفظه الله (هذا مُحْدَث، هذا مُحْدَث، الإفطار الجماعي، والصيام الجماعي، وقيام الليل الجماعي كما يفعله بعض الشُّباب، هذا كلّه مُحْدَث، لا أصل له) فجزى الله علماءنا خير الجزاء على بيان السنن وإبطال البدع.
ــــــــ
كتبه/د. علي بن يحيي الحدادي
١٤٣٧/١٠/٩هـ

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi