BANTAHAN TERHADAP PERKATAAN IBNUL JAUZI (KABAQA' AR RAHMAN)
Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah
Pertanyaan:
Fadhilatusy Syaikh! Apa pendapat Anda tentang perkataan Ibnul Jauzi rahimahullah dalam muqadimah kitabnya Tanbih an Nail al 'Umur Liistighlal Mawasim al 'Umur: "Dan umur yang sedikit ini Allah Ta'ala beli dengan kekekalan yang abadi di surga dan kekekalan yang tidak terputus seperti kekekalan ar Rahman (kabaqa' ar Rahman)?
Fadhilatusy Syaikh! Apa pendapat Anda tentang perkataan Ibnul Jauzi rahimahullah dalam muqadimah kitabnya Tanbih an Nail al 'Umur Liistighlal Mawasim al 'Umur: "Dan umur yang sedikit ini Allah Ta'ala beli dengan kekekalan yang abadi di surga dan kekekalan yang tidak terputus seperti kekekalan ar Rahman (kabaqa' ar Rahman)?
Jawaban:
Adapun keberadaan nikmat tidak terputus maka ini jelas, karena al Quran dipenuhi dengan pernyataan bahwa penghuni surga kekal selamanya. Adapun perkataannya: seperti kekekalan Ar Rahman, maka saya tidak tahu apakah kata ini ada dalam perkataan Ibnul Zauji, namun setidak-tidaknya Ibnul Jauzi rahimahullah bukanlah orang yang bersandar dengan perkataan itu dalam masalah sifat.
Adapun keberadaan nikmat tidak terputus maka ini jelas, karena al Quran dipenuhi dengan pernyataan bahwa penghuni surga kekal selamanya. Adapun perkataannya: seperti kekekalan Ar Rahman, maka saya tidak tahu apakah kata ini ada dalam perkataan Ibnul Zauji, namun setidak-tidaknya Ibnul Jauzi rahimahullah bukanlah orang yang bersandar dengan perkataan itu dalam masalah sifat.
Namun kalimat ini mungkar kabaqa' ar Rahman. Karena meniadakan sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bahkan Firman Allah Ta'ala:
هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيم
Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (Al Hadid:3)
Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: Yang akhir yang tidak ada sesuatupun setelahnya.
Sehingga jika kita katakan: bahwa ini kekal seperti kekekalan ar Rahman, maka maknanya menjadi sama dengan ar Rahman dalam kekalan, dan tentunya ini tidak benar.
Yang penting kata ini mungkar dan kaitannya dengan kitab yang engkau miliki bahwa kata ini mungkar meniadakan Firman Allah Ta'ala:
هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيم
dan sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam: Engkaulah Yang Awal, Tidak ada sesuatupun sebelummu, dan Engkaulah Yang Akhir, Tidak ada sesuatupun setelahmu.
Liqa' al Bab al Maftuh 75
http://telegram.me/ukhwh
[ 22/11/2016 ]
[ 22/11/2016 ]
الرد على مقولة ابن الجوزي (كبقاء الرحمن)
السؤال: فضيلة الشيخ! ما رأيكم في قول ابن الجوزي في مقدمة كتابه تنبيه النائل الغمر لاستغلال مواسم العمر: وهذا العمر اليسير اشترى به الخلود الدائم في الجنان والبقاء الذي لا ينقطع كبقاء الرحمن؟الجواب: أما كون النعيم لا ينقطع فهذا واضح، فالقرآن مملوء بأن أهل الجنة خالدين فيها أبداً، وأما قوله: كبقاء الرحمن فلا أدري هل هذه الكلمة ثابتة في كلام ابن الجوزي وعلى كل حال ابن الجوزي رحمه الله ليس بذاك الذي يعتمد عليه في مسائل الصفات، لكن هذه الكلمة منكرة: كبقاء الرحمن؛ لأنه ينافي قول الرسول صلى الله عليه وعلى آله وسلم، بل قول الله: هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ [الحديد:3] فقد قال النبي عليه الصلاة والسلام: (الآخر الذي ليس بعده شيء) وإذا قلنا: أن هذه تبقى كبقاء الرحمن، صار معناه مساو للرحمن في البقاء، وهذا لا يصح، فالمهم هذه الكلمة منكرة، وعلق على الكتاب الذي عندك بأن هذه الكلمة منكرة، تنافي قول الله تعالى: هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ ، وقول الرسول عليه الصلاة والسلام: (أنت الأول فليس قبلك شيء، وأنت الآخر فليس بعدك شيء).
السؤال: فضيلة الشيخ! ما رأيكم في قول ابن الجوزي في مقدمة كتابه تنبيه النائل الغمر لاستغلال مواسم العمر: وهذا العمر اليسير اشترى به الخلود الدائم في الجنان والبقاء الذي لا ينقطع كبقاء الرحمن؟الجواب: أما كون النعيم لا ينقطع فهذا واضح، فالقرآن مملوء بأن أهل الجنة خالدين فيها أبداً، وأما قوله: كبقاء الرحمن فلا أدري هل هذه الكلمة ثابتة في كلام ابن الجوزي وعلى كل حال ابن الجوزي رحمه الله ليس بذاك الذي يعتمد عليه في مسائل الصفات، لكن هذه الكلمة منكرة: كبقاء الرحمن؛ لأنه ينافي قول الرسول صلى الله عليه وعلى آله وسلم، بل قول الله: هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ [الحديد:3] فقد قال النبي عليه الصلاة والسلام: (الآخر الذي ليس بعده شيء) وإذا قلنا: أن هذه تبقى كبقاء الرحمن، صار معناه مساو للرحمن في البقاء، وهذا لا يصح، فالمهم هذه الكلمة منكرة، وعلق على الكتاب الذي عندك بأن هذه الكلمة منكرة، تنافي قول الله تعالى: هُوَ الْأَوَّلُ وَالْآخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ ، وقول الرسول عليه الصلاة والسلام: (أنت الأول فليس قبلك شيء، وأنت الآخر فليس بعدك شيء).
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi