Hukum Memasang Gigi Palsu

HUKUM MEMASANG GIGI PALSU
Fatwa Lajnah Daimah
Fatwa Nomor:20888
Pertanyaan:
Sejak kecil saya mengidap penyakit yang merusak gigi saya. Kedua orang tua saya tidak berusaha keras untuk mengobati saya. Penyakit tersebut semakin parah dengan bertambahnya usia saya hingga saat ini saya kehilangan hampir semua gigi geraham dan sebagian gigi depan saya sehingga membuat saya kesulitan untuk mengunyah makanan. Hal tersebut juga mengakibatkan saya merasa kurang nyaman untuk berbincang-bincang dengan teman-teman saya. Saya juga berfikir untuk menghubungi dokter spesialis guna memasang gigi palsu . Namun, sebelum melakukan hal tersebut, saya ingin mengetahui hukum syariatnya. Berilah saya fatwa. Semoga Allah membalas Anda dengan yang lebih baik.
Jawaban:
Komite untuk permintaan fatwa setelah mempelajari menjawab:
Anda tidak apa-apa (boleh) memperbaiki gigi Anda pada dokter spesialis untuk menghilangkan ketidakwajarannya dan mengganti gigi yang rusak dengan gigi palsu . Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam, "Ya, wahai hamba-hamba Allah berobatlah, karena sesungguhnya Allah tidak menciptakan penyakit melainkan menciptakan kesembuhan untuknya". Atau beliau bersabda, "menciptakan obat untuknya, kecuali satu penyakit". Orang-orang bertanya, "Wahai Rasulullah, apa itu?" Beliau menjawab, "Usia tua". Abu Isa berkata: Di dalam bab ini terdapat riwayat dari Ibnu Masud, Abu Hurairah, dan Abu Khuzamah dari ayahnya dan Ibnu Abbas. Ini adalah hadis hasan dan sahih (Sunan Tirmidzi nomor 2038)
Wabillahittaufiq, wa Shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa Alihi wa Shahbihi wa Sallam.
Al Lajnah Ad Daimah Lilbuhutsil Ilmiyyah Walifta'
Ketua: Abdul Aziz bin Abdillah Alu Asy Syaikh
Anggota: Bakr Abu Zaid, Shalih al-Fawzan, Abdullah bin Ghudayyan
http://t.me/ukhwh
[ 17/01/2017 ]
حكم تركيب طقم أسنان صناعي
س : ابتليت منذ صغري بداء تسوس الأسنان ، ووالداي لم يحرصا على علاجي ، واستفحل ذلك الداء مع تقدم سني حتى أصبحت اليوم أفقد معظم أضراسي ، وبعض أسناني ، فتعسر علي الهضم ، وسبب لي ذلك حرجا كبيرا حتى في التحدث مع إخواني ، وإني أفكر في الاتصال بطبيب أخصائي لكي يركب لي طقم أسنان صناعي ، لكن قبل قيامي بهذا العمل أريد معرفة حكمه الشرعي . أفتوني جزاكم الله خيرا .
ج : وبعد دراسة اللجنة للاستفتاء أجابت :
بأنه لا بـأس بأن تعالج أسنانك لدى طبيـب مخـتص بإزالـة التشويه عنها ، واستبدال ما تعيب منها بأسنان صناعية ، لقول النبي صلى الله عليه وسلم : نعم ، يا عباد الله تداووا ، فإن الله لم يضع داء إلا وضع له شفاء . أو قال : دواء إلا داء واحدا . قالوا : يا رسول الله ، ومـا هو؟ قال : الهرم . قال أبو عيسى : وفي الباب عن ابن مسعود ، وأبي هريرة ، وأبي خزامة عن أبيه ، وابن عبـاس ، وهذا حديث حسن صحيح . [ سنن الترمذي ]رقم ( 2038 )
وبالله التوفيق ، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم .
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو  عضو  عضو  الرئيس
بكر بن عبد الله أبو زيد  صالح بن فوزان الفوزان  عبد الله بن عبد الرحمن الغديان  عبد العزيز بن عبد الله بن محمد آل الشيخ

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi