Apakah Teranggap Mensucikan Diri Berkata : Saya Agamawan, Saya Orang Yang Taat, Dan Lainnya?

APAKAH TERANGGAP MENSUCIKAN DIRI BERKATA 'SAYA AGAMAWAN SAYA ORANG YANG TAAT' DAN LAINNYA

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah

Partanyaan:
Beredar di lesan orang-orang perkataan mereka: saya orang yang tekun! saya orang yang taat! saya orang yang religius! atau sebagian orang mensifati orang lain dengan mengatakan: Fulan orang yang taat, Fulan orang yang tekun, Fulan religius, Adakah masalah dengan lafadh-lafadh ini?

Jawaban:
Jika dia mensifatinya dengan perkara yang dia ketahui tidak mengapa, ketika dia seorang yang jujur tidak mengapa.

Adapun individual, maka semestinya dia mengucapkan insya Allah. Seperti: saya orang yang tekun insya Allah, saya mukmin insya Allah, demikianlah dulu para salaf berucap dalam rangka kehati-hatian. Karena bisa jadi dia seorang yang lalai ketika dia mengucapkan insyaa Allah jika saya bukan orang yang lalai dalam hal ini, sehingga dia mengucapkan: saya orang yang tekun insya Allah, saya orang yang taat insya Allah.

Inilah yang benar menurut ahlussunnah. Dia mengungkapkan dengan insya Allah untuk kehati hatian.

http://t.me/ukhwh
23/11/2017

هل تعد تزكية للنفس قول أنا متدين أنا ملتزم ونحوها

السؤال
يدور على ألسنة بعض الناس قولهم: أنا محافظ! أنا ملتزم! أنا متدين! أو يصف بعض الناس البعض الآخر فيقولون: فلان ملتزم، وفلان محافظ، وفلان متدين.. هل في هذه الألفاظ شيء؟

الجواب
إذا وصفه بما يعلم فلا بأس، إن كان صادقاً فلا بأس، أما الشخص، فينبغي أن يقول إن شاء الله، أنا محافظ إن شاء الله، أنا مؤمن إن شاء الله، هكذا كان السلف احتياطاً؛ لأنه قد يكون مقصر يقول إن شاء الله إن لم أقصر في هذا، فيقول: أنا محافظ إن شاء الله، أنا ملتزم إن شاء الله، أنا مؤمن إن شاء الله، هذا هو الصواب عند أهل السنة، يأتي بـ إن شاء الله احتياطاً.

https://www.binbaz.org.sa/noor/402

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi