Waspada Terhadap Jama'ah Yang Sesat Dan Menyesatkan

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Waspada Terhadap Jama'ah Yang Sesat Dan Menyesatkan
<Berkata Asy-Syaikh Al-Allamah Ubaid bin Abdullah Al-Jabiri hafizhahullah :

"Dan yang wajib bagi orang yang tampil sebagai da'i (yang mengajak) kepada Allah adalah bahwa dakwahnya itu di atas bashirah (ilmu dan hujjah).

Tidaklah dakwahnya yang di atas bashirah itu terwujud --yang dimaksud terwujud ini adalah dapat mengembalikan manusia ke jalur yang pertama, (yaitu) kepada al-Kitab dan Sunnah dan jalannya para salafush shaleh-- kecuali manakala ia belajar kepada para ulama yang mendalam ilmunya tentang As-Sunnah dan mempelajari karya tulis-karya tulis islam yang telah diwariskan oleh para imam ahlussunnah, dan (karya tulis-karya tulis) itu adalah sesuatu yang ma'ruf.

Dan para ulama islam yang mendalam ilmunya, yang terbaik/terpilih, mereka mengajarkan karya tulis-karya tulis islam ini kepada kaum muslimin.

Akan tetapi telah masuk utusan jama'ah-jama'ah dakwah baru yang semuanya sesat dan menyesatkan ke jazirah arab dan ke daerah-daerah islam lainnya, sehingga jama'ah-jama'ah ini merusak agama mereka (kaum muslimin) dan telah berhasil memalingkan kaum muslimin --kecuali yang dirahmati Allah-- dari ulama islam, ulama ahlussunnah, dan (memalingkan mereka) dari karya tulis-karya tulis islam serta menyebarkan kitab-kitab pemikiran (sesat) di tengah-tengah mereka."

Ath-thayyibul Jani syarhussunnah lil imam Al-Muzani hal.110-111


┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉


قال الشيخ العلامة عبيد بن عبد الله الجابري -حفظه الله- :

… والواجب على من تصدى داعية إلى الله أن تكون دعوته على بصيرة

ولا تكون دعوته على بصيرة محققة - يقصد منها هو رد الناس إلى السمت الأول إلى الكتاب والسنة وسيرة السلف الصالح - إلا حينما يتتلمذ على العلماء الأعلام في السنة وعلى دواوين الإسلام التي خلفها أئمة أهل السنة وهي معروفة

وعلماء الإسلام الأعلام والخيار من العلماء يدرسون دواوين الإسلام هذه للمسلمين ،

ولكن وفدت وافدة الجماعات الدعوية الحديثة التي هي كلها ضالة مضلة على الجزيرة وغيرها من أقطار الإسلام فأفسدت عليهم دينهم ونجحت في صرف المسلمين - إلا من رحم الله - عن علماء الإسلام علماء أهل السنة وعن دواوين الإسلام وبثت فيهم الكتب الفكرية.

(الطيب الجني شرح السنة للإمام المزني ص 110-111)


[]
Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi