
<Asy syaikh bin baaz rahimahulloh ditanya :
Pertanyaan :
Seorang saudara berinisial SHN dari mesir berkata bahwa imam mereka pada sholat tarawih setiap selesai dari empat roka'at membaca surat al ikhlash tiga kali secara berjama'ah , apakah amalan ini disyareatkan ?
Jawaban :
Ini adalah bid'ah , tidak pantas ( dilakukan ) , adapun kalau istirahat sebentar setiap selesai salam maka tidak mengapa , tapi kalau membaca surat al ikhlash dengan berjama'ah atau tidak berjama'ah , dibaca dengan keras maka ini adalah bid'ah .
Akan tetapi hendaknya dia ( setelah salam ) duduk istirahat kemudian berdiri dan tidak melakukan suatu kebid'ahan , tidak dengan membaca surat al ikhlash ataupun yang lainnya , tidak dengan amalan khusus secara berjama'ah atau dengan mengeraskannya dan mengajarkannya kepada manusia tanpa landasan dalil .
Kesimpulannya , dia hanya duduk istirahat saja kemudian berdiri jika mau , adapun membaca surat al ikhlash secara berjama'ah atau surat yang lainnya atau sebagian hadits secara berjama'ah maka ini tidak ada dalilnya .
Diterjemahkan oleh:
Al ustaadz abu Suhail 'Abbaas aljogjawiy حفظه الله
Telegram.me/salafycurup
ﺣﻜﻢ ﻗﺮﺍﺀﺓ {ﻗﻞ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ} ﺛﻠﺎﺙ ﻣﺮﺍﺕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺎﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ
السؤال :
ﺍﻟﺄﺥ : ﺱ. ﺡ. ﻥ. ﻣﻦ ﺟﻤﻬﻮﺭﻳﺔ ﻣﺼﺮ ﺍﻟﻌﺮﺑﻴﺔ, ﻳﻘﻮﻝ : ﺇﻧﻪ ﻟﺎﺣﻆ ﺃﻥ ﺇﻣﺎﻣﻬﻢ ﻓﻲ ﺻﻠﺎﺓ ﺍﻟﺘﺮﺍﻭﻳﺢ, ﺑﻴﻦ ﻛﻞ ﺃﺭﺑﻊ ﺭﻛﻌﺎﺕ ﻳﻘﺮﺃ ﺳﻮﺭﺓ {ﻗﻞ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ} ﺛﻠﺎﺙ ﻣﺮﺍﺕ ﺑﺼﻮﺭﺓ ﺟﻤﺎﻋﻴﺔ, ﻓﻬﻞ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻣﺸﺮﻭﻉ ؟
الجواب :
ﻫﺬﺍ ﺑﺪﻋﺔ, ﻣﺎ ﻳﺼﻠﺢ, ﺃﻣﺎ ﻛﻮﻧﻪ ﻳﺴﺘﺮﻳﺢ ﻗﻠﻴﻠﺎ ﺑﻌﺪ ﻛﻞ ﺗﺴﻠﻴﻤﺘﻴﻦ ﻓﻬﺬﺍ ﻟﺎ ﺑﺄﺱ ﺑﻪ, ﻭﺃﻣﺎ ﺃﻧﻪ ﻳﻘﺮﺃ {ﻗﻞ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ} ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﺑﺼﻮﺭﺓ ﺟﻤﺎﻋﻴﺔ, ﺃﻭ ﻏﻴﺮ ﺟﻤﺎﻋﻴﺔ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺟﻬﺮﻳﺔ ﻓﺈﻥ ﻫﺬﺍ ﺑﺪﻋﺔ, ﺑﻞ ﻳﺠﻠﺲ ﻳﺴﺘﺮﻳﺢ ﺛﻢ ﻳﻘﻮﻡ, ﻭﻟﺎ ﻳﺄﺗﻲ ﺑﺒﺪﻋﺔ, ﻟﺎ ﺑﻘﺮﺍﺀﺓ {ﻗﻞ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ} ﻭﻟﺎ ﻏﻴﺮﻫﺎ, ﻭﻟﺎ ﺃﻋﻤﺎﻝ ﺧﺎﺻﺔ ﺟﻤﺎﻋﻴﺔ, ﺃﻭ ﻳﺠﻬﺮ ﺑﻬﺎ ﻳﻌﻠﻤﻬﺎ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﻏﻴﺮ ﺩﻟﻴﻞ, ﺍﻟﺤﺎﺻﻞ ﺃﻧﻪ ﺇﻧﻤﺎ ﻳﺠﻠﺲ ﻟﻠﺎﺳﺘﺮﺍﺣﺔ ﻓﻘﻂ, ﺛﻢ ﻳﻘﻮﻡ ﺇﺫﺍ ﺃﺣﺐ ﺫﻟﻚ, ﺃﻣﺎ ﺃﻧﻪ ﻳﻘﺮﺃ {ﻗﻞ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ} ﺑﺼﻮﺭﺓ ﺟﻤﺎﻋﻴﺔ, ﺃﻭ ﻳﻘﺮﺃ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻮﺭ, ﺃﻭ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﺄﺣﺎﺩﻳﺚ ﺑﺼﻮﺭﺓ ﺟﻤﺎﻋﻴﺔ, ﺃﻭ ﺃﻟﻔﺎﻅ ﺑﺼﻮﺭﺓ ﺟﻤﺎﻋﻴﺔ ﻓﻬﺬﺍ ﻟﺎ ﺃﺻﻞ ﻟﻪ.
فتاوى نور على الدرب لابن باز ٩ / ٤٨٢ - ٤٨٤
Tidak ada tanggapan
Posting Komentar
Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi