Hukum Membaca Surat Al Ikhlash Setelah Salam Pada Sholat Tarawih

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Hukum Membaca Surat Al Ikhlash Setelah Salam Pada Sholat Tarawih
<Asy syaikh bin baaz rahimahulloh ditanya :

Pertanyaan :

Seorang saudara berinisial SHN dari mesir berkata bahwa imam mereka pada sholat tarawih setiap selesai dari empat roka'at membaca surat al ikhlash tiga kali secara berjama'ah , apakah amalan ini disyareatkan ?

Jawaban :

Ini adalah bid'ah , tidak pantas ( dilakukan ) , adapun kalau istirahat sebentar setiap selesai salam maka tidak mengapa , tapi kalau membaca surat al ikhlash dengan berjama'ah atau tidak berjama'ah , dibaca dengan keras maka ini adalah bid'ah .
Akan tetapi hendaknya dia ( setelah salam ) duduk istirahat kemudian berdiri dan tidak melakukan suatu kebid'ahan , tidak dengan membaca surat al ikhlash ataupun yang lainnya , tidak dengan amalan khusus secara berjama'ah atau dengan mengeraskannya dan mengajarkannya kepada manusia tanpa landasan dalil .

Kesimpulannya , dia hanya duduk istirahat saja kemudian berdiri jika mau , adapun membaca surat al ikhlash secara berjama'ah atau surat yang lainnya atau sebagian hadits secara berjama'ah maka ini tidak ada dalilnya .


Diterjemahkan oleh:
Al ustaadz abu Suhail 'Abbaas aljogjawiy حفظه الله

Telegram.me/salafycurup

‍ﺣ‍‍ﻜ‍‍ﻢ‍ ‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﺍﺀ‍ﺓ {‍ﻗ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﺣ‍‍ﺪ} ‍ﺛ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺙ‍ ‍ﻣ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﺕ‍ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﺕ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﺢ‍

السؤال :

‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺥ ‍: ‍ﺱ‍. ‍ﺡ‍. ‍ﻥ‍. ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﻬ‍‍ﻮ‍ﺭ‍ﻳ‍‍ﺔ ‍ﻣ‍‍ﺼ‍‍ﺮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﺮ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﺔ, ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻝ ‍: ‍ﺇ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻟ‍‍ﺎ‍ﺣ‍‍ﻆ‍ ﺃ‍ﻥ‍ ‍ﺇ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﻬ‍‍ﻢ‍ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺻ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺘ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﺢ‍, ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﻛ‍‍ﻞ‍ ‍ﺃ‍ﺭ‍ﺑ‍‍ﻊ‍ ‍ﺭ‍ﻛ‍‍ﻌ‍‍ﺎ‍ﺕ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺃ ‍ﺳ‍‍ﻮ‍ﺭ‍ﺓ {‍ﻗ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﺣ‍‍ﺪ} ﺛ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺙ‍ ‍ﻣ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﺕ‍ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻮ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﺔ, ‍ﻓ‍‍ﻬ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﻤ‍‍ﻞ‍ ‍ﻣ‍‍ﺸ‍‍ﺮ‍ﻭ‍ﻉ‍ ؟

الجواب :

‍‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺑ‍‍ﺪ‍ﻋ‍‍ﺔ, ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺼ‍‍ﻠ‍‍ﺢ‍, ‍ﺃ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻛ‍‍ﻮ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻳ‍‍ﺴ‍‍ﺘ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺢ‍ ‍ﻗ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻠ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﺪ ‍ﻛ‍‍ﻞ‍ ‍ﺗ‍‍ﺴ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻤ‍‍ﺘ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﻓ‍‍ﻬ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﺱ‍ ‍ﺑ‍‍ﻪ‍, ‍ﻭ‍ﺃ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺃ {‍ﻗ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﺣ‍‍ﺪ} ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻮ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﺔ, ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﻗ‍‍ﺮ‍ﺍﺀ‍ﺓ ‍ﺟ‍‍ﻬ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﺈ‍ﻥ‍ ‍ﻫ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﺑ‍‍ﺪ‍ﻋ‍‍ﺔ, ‍ﺑ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻠ‍‍ﺲ‍ ‍ﻳ‍‍ﺴ‍‍ﺘ‍‍ﺮ‍ﻳ‍‍ﺢ‍ ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻡ‍, ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺄ‍ﺗ‍‍ﻲ‍ ‍ﺑ‍‍ﺒ‍‍ﺪ‍ﻋ‍‍ﺔ, ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺑ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺍﺀ‍ﺓ {‍ﻗ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﺣ‍‍ﺪ} ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﺎ, ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﻋ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺧ‍‍ﺎ‍ﺻ‍‍ﺔ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﺔ, ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻬ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﻤ‍‍ﻬ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻨ‍‍ﺎ‍ﺱ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺩ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﻞ‍, ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺤ‍‍ﺎ‍ﺻ‍‍ﻞ‍ ‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﺇ‍ﻧ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﻳ‍‍ﺠ‍‍ﻠ‍‍ﺲ‍ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﺳ‍‍ﺘ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﺣ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﻘ‍‍ﻂ‍, ‍ﺛ‍‍ﻢ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﻮ‍ﻡ‍ ‍ﺇ‍ﺫ‍ﺍ ‍ﺃ‍ﺣ‍‍ﺐ‍ ‍ﺫ‍ﻟ‍‍ﻚ‍, ‍ﺃ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺃ {‍ﻗ‍‍ﻞ‍ ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﺣ‍‍ﺪ} ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻮ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﺔ, ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﻳ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺃ ‍ﻏ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻫ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﻮ‍ﺭ, ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﺑ‍‍ﻌ‍‍ﺾ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﺣ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﻳ‍‍ﺚ‍ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻮ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﺔ, ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﺃ‍ﻟ‍‍ﻔ‍‍ﺎ‍ﻅ‍ ‍ﺑ‍‍ﺼ‍‍ﻮ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﺟ‍‍ﻤ‍‍ﺎ‍ﻋ‍‍ﻴ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﻬ‍‍ﺬ‍ﺍ ‍ﻟ‍‍ﺎ ‍ﺃ‍ﺻ‍‍ﻞ‍ ‍ﻟ‍‍ﻪ‍.


فتاوى نور على الدرب لابن باز ٩ / ٤٨٢ - ٤٨٤

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi