Apa Makna (Hadits) : "Dan Beliau Menghidupkan Malam" ?

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Apa Makna (Hadits) : "Dan Beliau Menghidupkan Malam" ?
<Asy-Syaikh 'Abdullah bin Shalfiq azh-Zhufairiy hafizhahullah :

"Beliau menghidupkan malam dengan qiyam (shalat malam). Dan maksudnya bukanlah menghidupkan keseluruhan malam dengan shalat, akan tetapi mencakup shalat, dzikir, istighfar, do'a, dan selain dari itu.

Hal ini berdasarkan riwayat dari 'Aisyah bahwa Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- tidak ada riwayat shahih yang menyebutkan beliau menegakkan malam seluruhnya.

Maka yang dimaksud menghidupkan malam adalah mayoritas malam itu atau menghidupkan seluruhnya dengan dzikir, baik yang berupa shalat atau do'a atau tasbih atau istighfar. Sebagaimana firman Allah ta'ala tentang kaum mukminin :

{وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُون}

"Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)." (Adz-Dzariyat: 18)

Dan adalah Ibnu 'Abbas atau Ibnu 'Umar dahulu jika masih ada sisa malam, beliau mulai beristighfar, shalat witir kemudian beristighfar. Sehingga waktu sahur adalah waktu beritighfar. Namun demikian begitu banyak manusia mengabaikan di waktu sahurnya untuk memperbanyak istighfar; astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah. Padahal waktu ini adalah waktu untuk beristighfar.

{وَبِالأسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ}

"Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)." (Adz-Dzariyat: 18)


|[ ما معنى: (وَأَحْيَا لَيْلَهُ)؟ ]|

الشيخ عبد الله بن صلفيق الظفيري - حفظه الله -

أحيا ليله بالقيام، وليس المراد بأن الليل كله يحييه بقيام ولكن يشمل الصلاة، الذكر، الاستغفار، الدعاء، إلى غير ذلك وقد ورد عن عائشة أن النبي –صلى الله عليه وسلم- لم يثبت أنه قام ليلة كاملة، فالمراد أحيا ليله أي أغلب الليل أو يحييه كله بالذكر سواء بصلاة أو بدعاء أو بتسبيح أو باستغفار. كما قال -تعالى- عن المؤمنين:

﴿وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ﴾ [الذاريات: 18].

وكان ابن عباس أو ابن عمر إذا بقي شيء من الليل بدأ يستغفر أوتر فاستغفر، فوقت السحر وقت استغفار ولذلك كثير من الناس يغفل عند سحوره أن يكثر من الاستغفار، أستغفر الله أستغفر الله أستغفر الله؛ لأن هذا الوقت وقت استغفار

﴿وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ ﴾ [ الذاريات: 18]


https://t.me/hikmahsalafiyyah/2134

Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah



https://miraath.net/ar/content/makalate/ما-معنى-وَأَحْيَا-لَيْلَهُ؟

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi