Bagaimana Hukum Membuka Rekening Di Bank Ribawi Tetapi Tanpa Bunga?

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Bagaimana Hukum Membuka Rekening Di Bank Ribawi Tetapi Tanpa Bunga?
<Asy-Syaikh al-'Allamah 'Ubaid bin 'Abdillah al-Jabiriy hafizhahullah ditanya :

Pertanyaan :
Semoga Allah memberikan kebaikan kepada Anda.

Penanya berkata : Aku bekerja di sebuah perusahaan yang mewajibkanku sebagaimana juga mewajibkan seluruh karyawannya untuk membuka rekening di bank ribawi untuk transfer gaji dengan catatan bahwa rekening itu tanpa bunga ribawi. Maka apakah boleh menyimpan uang dan menarik apa yang dibutuhkan dari rekening itu atau melakukan penarikan seluruh gaji? Apakah nashihat anda hafizhakumullah kepadaku?

Jawaban :
Di dalam pertanyaanmu telah menjelaskan bahwa dari pihak bank tidak memberikanmu bunga atas apa yang engkau simpan di dalamnya. Jika perkaranya seperti demikian, maka tidaklah terlarang dari hal ini in syaa Allahu ta'ala.

Dan baru saja berlalu (penjelasan) bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menggadaikan baju besinya kepada seorang yahudi, yang dia itu berurusan dengan riba dan khamr serta harta-harta yang haram lainnya.


حكم فتح حساب في بنك ربوي لكن بدون فوائد ؟

سُئل الشَّـيخ العلّامــة عُبَيْد بنُ عَبدُ الله الجَابِرِي -حـَفِظَهُ الله-:

السُّـــــــؤَالُ:
أحسن الله إليكم يقول ألزمتني الشركة التي أعمل بها كما ألزمت باقي موظفيها بفتح حسابٍ في بنك ربوي لتحويل الراتب عليه مع العلم أن الحساب بدون فوائد ربوية فهل يجوز ترك المال في ذلك الحساب وسحب ما يحتاج إليه من نفقات أم أقوم بسحب كامل الراتب فماذا تنصحونني حفظكم الله؟

الجَــــــوَابُ:
” سؤالك صريح أن البنك لا يعطيك فوائد على ما تدخره فيه فإذا كان الأمر كذلك فلا مانع من هذا إن شاء الله تعالى، وقد مضى قبل قليل أن النبي - صلى الله عليه وسلم - رهن درعه عند يهودي واليهود يتعاملون بالربا ويتعاملون بثمن الخمر وغير ذلك من الأموال المحرمة “.

رابـط الصوتيــة :
https://miraath.net/ar/content/fatawa/8883640

Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi