Hukum Keluar Dari Masjid Bagi Orang Yang Sedang I'tikaf

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Hukum Keluar Dari Masjid Bagi Orang Yang Sedang I'tikaf
<Asy-Syaikh Muhammad ibnu Shalih Al-'utsaimin رحمه الله :

Pertanyaan :
Apakah dibolehkan orang yang i'tikaf keluar dari masjid untuk makan dan minum. Apakah dibolehkan juga baginya untuk naik ke teras (bagian luar masjid) untuk mendengarkan pengajian?

Jawaban :
Ya, diperbolehkan orang yang i'tikaf di masjidil haram maupun selainnya untuk keluar dengan tujuan makan dan minum, jika memang tidak memungkinkan untuk dibawakan makanan atau minuman ke masjid tersebut. Sebab itu merupakan perkara yang mesti bagi dia sebagaimana dia pasti akan keluar untuk buang hajat atau keluar untuk mandi junub kalau dia sedang junub.

Adapun keluar ke teras (bagian luar masjid) ini juga tidak mengapa, karena keluar dari pintu masjid bagian bawah menuju bagian luar masjid (teras) hanya berjalan beberapa langkah, dan dia bermaksud untuk kembali ke masjid juga, maka tidak mengapa.

Sumber:
ثمانية وأربعون سؤاﻻ في الصيام


السؤال :
هل للمعتكف في الحرم أن يخرج للأكل أو الشرب، وهل يجوز له الصعود إلي سطح المسجد لسماع الدروس؟

الجواب :
نعم . . . يجوز للمعتكف في المسجد الحرام أو غيره أن يخرج للأكل والشرب إن لم يكن في إمكانه أن يحضر هما إلي المسجد ، لأن هذا أمر لا بدَّ منه ، كما أنه سوف يخرج لقضاء الحاجة ، وسوف يخرج للاغتسال من جنابة إذا كانت عليه الجنابة.

وأما الصعود إلي سطح المسجد فهو أيضًا لا يضر ، لأن الخروج من باب المسجد الأسفل إلي السطح ما هو إلا خطوات قليلة ويقصد به الرجوع إلي المسجد أيضًا ، فليس في هذا بأس.

ثمانية وأربعون سؤاﻻ في الصيام;


Miqdad al-Ghifary hafizhahullah || WA Riyadhul Jannah As-Salafy

Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi