Tidak Boleh Menyerahkan Zakat Kepada Ibu Dan Orang Yang Meninggalkan Shalat

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Tidak Boleh Menyerahkan Zakat Kepada Ibu Dan Orang Yang Meninggalkan Shalat
<Asy-Syaikh 'Abdul 'aziz ibnu Baz رحمه الله :

Pertanyaan :
Apakah saya boleh menyerahkan sejumlah harta kepada ibu saya dan menganggapnya sebagai zakat? Perlu diketahui bahwa ayah saya masih memberi nafkah kepadanya dan keadaannya juga baik-baik saja, alhamdulillah

Demikian juga saya mempunyai seorang saudara laki-laki yang mampu bekerja dan belum menikah, sementara dia tidak menjaga shalat lima waktu (semoga Allah memberi petunjuk kepadanya). Lalu bolehkah bagi saya untuk menyerahkan zakat kepadanya? Berilah saya jawaban semoga Allah senantiasa menjaga Anda.

Jawaban :
Anda tidak boleh menyerahkan zakat Anda tersebut kepada ibu Anda. Sebab ibu dan bapak tidak termasuk orang yang berhak menerima zakat. Dan juga ibu Anda tersebut telah tercukupi kebutuhannya oleh bapak Anda.

Begitu juga kepada saudara laki-laki Anda tersebut, maka tidak boleh menyerahkan zakat kepadanya selama dia masih meninggalkan shalat. Sebab shalat merupakan rukun islam yang terpenting setelah dua kalimat syahadat.

Dan juga orang meninggalkan shalat dengan sengaja kafir hukumnya. Ditambah lagi dia orang yang berkemampuan dan sanggup berusaha. Bilamana dia membutuhkan nafkah, maka orang tuanyalah yang bertanggung jawab atas dirinya dalam hal nafkah selama mereka berkemampuan. Semoga Allah memberi hidayah kepadanya dan membimbingnya kepada jalan yang benar serta melindunginya dari keburukan dirinya, dari godaan setan dan teman-teman yang jahat.

Sumber :
الشيخ ابن باز; فتاوى الزكاة، جمع محمد المسند ، ص (٦١).


حكم دفع الزكاة لمن لا يصلي

السؤل :
هل يجوز أن أعطي والدتي مبلغًا من المال، واعتبره من الزكاة ؟ علمًا بأن والدي ينفق عليها وهو بحالة جيدة والحمد لله...

كذلك فإنه لي أخ قادر على العمل، ولم يتزوج بعد، وهو -هداه الله- لا يحافظ على الصلاة كثيرًا ؛ فهل يجوز أن أصرف له شيئًا من الزكاة .. ؟ أفيدوني، والله يحفظكم.

الجواب :
لا يجوز لك أن تعطي أمك شيئًا من الزكاة ؛ لأن الوالدين لا تصرف فيهما الزكاة ... ولأنها غنية عنها بإنفاق والدك عليها ..

أما أخوك فلا يجوز صرف الزكاة إليه، مادام يترك الصلاة ؛ لأن الصلاة هي أعظم أركان الإسلام بعد الشهادتين،

ولأن تركها عمدًا كفر أكبر ، ولأنه قوي مكتسب ، ومتى دعت الحاجة إلى الإنفاق عليه فأبوه أولى بذلك، لأنه هو المسؤول عنه من جهة النفقة ؛ ما دام يستطيع ذلــك ... هداه الله وأرشده إلى الحق، وأعاذه من شر نفسه وشيطانه، وجلساء السوء .


Miqdad al-Ghifary hafizhahullah || WA Riyadhul Jannah As-Salafy

Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi