Jauhilah Akhlak Yang Jelek Ini

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Jauhilah Akhlak Yang Jelek Ini
<Berkata al-Hafizh adz-Dzahabi rahimahullah :

"Dahulu para salaf dengan baiknya tujuan mereka dan benarnya niat mereka pada umumnya, mereka takut (banyak) bicara dan takut menampakkan ilmu dan keutamaan mereka, namun di hari ini orang-orang banyak bicara dengan keadaan sedikit ilmu dan jeleknya tujuan mereka.

Kemudian Allah menyingkap keadaan mereka dan tampaklah kebodohan dan hawa nafsu mereka serta kegoncangan mereka pada hal-hal yang mereka (merasa) mengilmuinya, kita memohon kepada Allah taufik dan ikhlas."

[Siyar A'lamin Nubala 15/65-464]


┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉


إحـذروا هـذا الـخُلـق الـذمـيم

قـال الـحافـظ الـذهـبي رحـمه الله :

كَانُوا - أي : السلف - مَعَ حُسْن القَصْدِ، وَصحَّةِ النِّيَّة غَالباً، يخَافونَ مِنَ الكَلاَمِ، وَإِظهَار المَعْرِفَة وَالفَضيلَة، وَاليوم يكثرُوْنَ الكَلاَم مَعَ نَقْصِ العِلْمِ، وَسوء القَصْد .

ثُمَّ إِنَّ اللهَ يفضَحهُم ، وَيلوح جهلُهُم وَهوَاهُم وَاضطرَابُهُم فِيمَا عَلِمُوهُ، فنسأَلُ اللهَ التَّوفيقَ وَالإِخلاص.

[ "سـير أعـلام النـبلاء" (٤٦٤/١٥-٦٥) ]


[]
Majmu'ah Hikmah Salafiyyah || https://t.me/hikmahsalafiyyah


Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi