Bahaya Perbuatan Zhalim (2)

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Bahaya Perbuatan Zhalim (2)
<Orang-orang yang zhalim benar-benar dalam bahaya yang amat besar. Dalam firman-Nya Allah Subhanahu wa Ta'ala memperingatkan dan mengancam mereka,

وَلا تَحْسَبَنَّ اللَّهَ غَافِلا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ إِنَّمَا يُؤَخِّرُهُمْ لِيَوْمٍ تَشْخَصُ فِيهِ الأبْصَارُ * مُهْطِعِينَ مُقْنِعِي رُءُوسِهِمْ لا يَرْتَدُّ إِلَيْهِمْ طَرْفُهُمْ وَأَفْئِدَتُهُمْ هَوَاءٌ

"Dan janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) mengira, bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zhalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak)." (QS. Ibrahim:42)

Di dalam ayat ini terdapat ancaman bagi orang-orang yang zalim, dan di sisi lain merupakan hiburan bagi orang yang terzalimi.

Dimana Allah Subhanahu wa Ta'ala membiarkan mereka (orang yang zalim) hidup berlimpahkan rejeki dan harta benda. Hanyasaja itu bukan wujud kecintaan Allah padanya, akan tetapi sebagai bentuk penguluran waktu, jika telah tiba waktunya maka Allah akan mengadzabnya dan tidak akan melepaskannya,

وَكَذَلِكَ أَخْذُ رَبِّكَ إِذَا أَخَذَ الْقُرَى وَهِيَ ظَالِمَةٌ إِنَّ أَخْذَهُ أَلِيمٌ شَدِيدٌ

"Dan begitulah adzab Rabbmu, apabila Dia mengadzab penduduk negeri-negeri yang berbuat zhalim. Sesungguhnya adzab-Nya itu adalah sangat pedih lagi keras." (QS. Huud:102)

Dan kezhaliman pada ayat di atas mencakup kezhaliman terkait dengan hak-hak Allah, dan kezhaliman antar sesama makhluk.

Sehingga, janganlah orang-orang yang berlaku zhalim mengira bahwa kezhaliman mereka akan dibiarkan begitu saja tanpa ada pembalasan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Jangan pula ia terlena dengan ketentraman hidup yang ia rasakan. Karena itu merupakan bentuk penguluran waktu, jika telah tiba waktunya maka ia akan merasakan adzab dan tidak bisa lepas darinya. wal'iyadzu billah.

Disajikan Oleh: Tim Warisan Salaf
Sumber Panduan: Tafsir As-Sa'di (hal.427) dan Tafsir Ibnu Katsir (4/515)

#Fawaidumum #kezhaliman

Warisan Salaf menyajikan Artikel dan Fatawa Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah
Channel kami https://bit.ly/warisansalaf
Situs Resmi http://www.warisansalaf.com

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi