Faedah Ihtisab Amal

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Faedah Ihtisab Amal
<Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah

"Banyak orang salat dan wudhu serta melakukan amal saleh, namun tidak terpikir pada dirinya untuk ihtisab (mengharap pahala) dan amalnya itu akan diberi pahala. Sehingga semestinya kita memperhatikan perkara ini dan janganlah kelalaian menguasai kita. Karena di sana ada niat dan ihtisab. Seseorang meniatkan amal karena Allah Ta'ala, namun ia lalai dari ihtisab. Padahal ihtisab memiliki dua faedah:

Pertama: seseorang akan yakin dengan janji Allah Ta'ala dan Allah Ta'ala akan memberinya ganti atas amalnya ini.

Kedua: menetapkan dan mengokohkan iman terhadap hari akhir. Karena orang yang ihtisab itu tentunya beriman bahwa di sana ada hari akhir yang di dalamnya akan dihisab (dihitung) dan akan diberi pahala atas amalannya.

At Ta'liq 'Ala Shahih al Bukhari 3/137

http://t.me/ukhwh

قال العلامة ابن عثيمين رحمه الله تعالى :

كثير من الناس يصلي ويتوضأ، ويعمل العمل الصالح، لكن ليس في باله أنه يحتسب الأجر، وأنه سيؤجر عليه؛ فينبغي لنا أن نتنبه لهذا، وألّا تستولي علينا الغفلة؛ لأنّ هناك نيّةً واحتسابًا، فالإنسان ينوي العمل لله، لكن يغفل عن كونه محتسبًا .

وكونه محتسبًا فيه فائدتان :

الأولىٰ : أنّ الإنسان واثق بوعد ربه، وأنه سيعيضه علىٰ هذا العمل .

الثانية : تقرير وتثبيت الإيمان باليوم الآخر؛ لأنّ المحتسب يعني أنه يُؤْمِن بأن هناك يومًا آخر يُحاسب فيه، ويؤجر علىٰ عمله .


[ التعليق علىٰ صحيح البخاري (١٣٧/٣) ]

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi