Tidak Ingat Hari Asyura Melainkan Di Saat Siang Hari, Apakah Boleh Ia Puasa Meskipun Sudah Makan Dan Minum

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Tidak Ingat Hari Asyura Melainkan Di Saat Siang Hari, Apakah Boleh Ia Puasa Meskipun Sudah Makan Dan Minum
<Syaikh Muhammad bin Shalih al 'Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan:
Barakallahu fiikum. Syaikh, Penanya ini berkata: seseorang tidak ingat hari Asyura melainkan saat siang hari, sahkah ia menahan diri dari makan minum pada sisa hari mengingat ia telah makan di awal siang, mohon penjelasannya?

Jawaban:
Jika ia menahan makan minum pada sisa hari, maka tidak sah puasanya. Itu dikarenakan ia makan di awal siang. Sedangkan puasa sunnah hanyalah sah di saat siang hari pada orang yang tidak melakukan pembatal puasa di awal siang. Adapun orang yang melakukan pembatal puasa di awal siang, tentunya tidak sah darinya niat puasa dengan menahan diri makan minum pada sisa siang hari. Atas dasar ini, tidak bermanfaat ia menahan makan minum selama ia telah makan atau minum ataupun melakukan pembatal puasa di awal siang.

Fatawa Nurun 'Ala ad Darb kaset nomor 259

http://binothaimeen.net/content/10510?q2=%D8%B9%D8%A7%D8%B4%D9%88%D8%B1%D8%A7%D8%A1

http://t.me/ukhwh

لم يتذكر يوم عاشوراء إلا في أثناء النهار فهل له صومه مع أنه قد أكل وشرب ؟

اسم السسسلة: فتاوى نور على الدرب الشريط رقم [259]
السؤال:
بارك الله فيكم هذا السائل يقول: فضيلة الشيخ؛ شخص لم يتذكر يوم عاشوراء إلا أثناء النهار، فهل يصح إمساكه بقية يومه مع العلم أنه أكل أول النهار، أرجو بهذا إفادة؟ 
الجواب:
الشيخ: لو أمسك بقية يومه، فإنه لا يصح صومه؛ وذلك لأنه أكل في أول النهار، وصوم النفل إنما يصح من أثناء النهار في من لم يتناول مفطراً في أول النهار، أما من تناول مفطراً في أول النهار أنه لا يصح منه نية الصوم بالإمساك بقية النهار، وعلى هذا فلا ينفعه إمساكه ما دام قد أكل أو شرب أو أتى مفطراً في أول النهار. 

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi