Iman Adalah Sabar Dan Syukur

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Iman Adalah Sabar Dan Syukur
<Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata:

Sesungguhnya iman terbagi menjadi dua bagian, sebagian adalah kesabaran dan sebagian lagi adalah syukur.

Allah ta'ala berfirman:

'Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi setiap orang yang bersabar dan bersyukur'. (Saba': 19).

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, Tidaklah Allah menetapkan suatu ketetapan bagi seorang yang beriman, kecuali ketetapan itu baik baginya. Apabila ia diberi kesenangan-kesenangan, maka ia bersyukur dan itu baik baginya. Apabila ia ditimpa kesusahan-kesusahan, maka ia bersabar dan itu baik baginya. Dan tidaklah yang demikian itu kecuali bagi seorang yang beriman".

Maka semua tingkatan iman berada diantara sabar dan syukur

Thoriqul Hijrotain: 1/265.
==========

قال ابن القيم رحمه الله:
إن  الإيمان نصفان: نصف صبر، ونصف شكر. قال تعالى: {إِنَّ فِى ذَلِكَ لآيَاتٍ لِكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ} [سبأ:١٩] ، وقال النبى صلى الله عليه وسلم: "والذى نفسى بيده، لا يقضى الله للمؤمن قضاءً إلا كان خيراً له: إن أصابته سراءٌ شكر فكان خيراً له، إن أصابته ضراءُ صبر فكان خيراً له، وليس ذلك إلا للمؤمن". فمنازل الإيمان كلها بين الصبر والشكر.

طريق الهجرتين: ١/٢٦٥



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi