Mintalah Pertolongan Kepada Allah, Jangan Bersandar Kepada Kecerdasanmu!

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Mintalah Pertolongan Kepada Allah, Jangan Bersandar Kepada Kecerdasanmu!
<Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahulloh berkata :

"Bagaimanapun keadaannya, seorang hamba selalu butuh kepada  Allah ﷻ agar Dia memberikan hidayah dan bimbingan kepadanya.

Terkadang ada seseorang yang tergolong cerdas dan paling tajam pandangannya, akan tetapi Allah samarkan darinya beberapa perkara yang (sebenarnya) sangat jelas.

Dan terkadang ada seseorang yang tergolong paling bodoh dan paling lemah pandangannya, akan tetapi Allah ﷻ menunjukinya kepada kebenaran yang diperselisihkan padanya dengan izin-Nya. Tidak ada daya dan upaya melainkan dengan (pertolongan)Nya.

Barangsiapa bersandar kepada pandangan dan pendalilannya, atau bersandar kepada akal dan pengetahuannya niscaya dia akan dihinakan.

Oleh karena itu, Nabi ﷺ di dalam hadits-hadits yang shahih sering mengatakan: "Wahai Dzat Yang Membolak-balikkan hati kokohkanlah hatiku di atas agama-Mu", dan juga beliau ﷺ berkata di dalam sumpahnya: "Tidak, demi Dzat Yang Membolak-balikkan hati".

Dar'ut Ta'aarudh 9/34

❍ قَـال شيخ الإسلام ابن تيمية -رحمه الله تعالى-:

« وبكل حال فالعبد مفتقر إلى الله في أن يهديه ويلهمه رشده ، وقد يكون الرجل من أذكياء الناس وأحدهم نظراً ويعميه عن أظهر الأشياء ، وقد يكون من أبلد الناس وأضعفهم نظراً ويهديه لما اختلف فيه من الحق بإذنه ، فلا حول ولا قوة إلا به ، فمن اتكل على نظره واستدلاله ، أو عقله ومعرفته خذل ، ولهذا كان النبي ﷺ في الأحاديث الصحيحة كثيراً ما يقول : (يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك) ويقول في يمينه : (لا ومقلب القلوب »

[درء التعارض ٣٤/٩]



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi